#KodeNusantara#SandiNusantaraBeritaBlogEvent

From “Mancanegara”, Back to “Tanah Air”, Tobatenun Unjuk Gigi di Adiwastra Nusantara 2022

INFOBUDAYA.NET – Dari tahun ke tahun industri kreatif di Indonesia masih menjadi salah satu penyumbang limbah terbesar di dunia. Berangkat dari hal tersebut, saat ini mulai bermunculan industri kreatif terutama di bidang mode yang memiliki fokus mengurangi pencemaran lingkungan dengan memperhatikan material yang digunakan.

Hal tersebut lah yang menjadi salah satu nilai yang ditanam oleh organisasi sekaligus komunitas “Tobatenun” sejak didirikan pada tahun 2018 lalu. Tobatenun berkomitmen untuk memberikan kontribusi terhadap pengembangan industri kreatif mode berbasis budaya dan tradisi melalui program kerja pelestarian, pelatihan, dan pengembangan komunitas yang disebut Jabu Bonang, kelompok inspiratif yang saling bertalian untuk menghasilkan karya dalam melindungi ekosistem budaya.

Dalam mempertahankan warisan budaya kain Ulos, Tobatenun melakukan program revitalisasi dan pengembangan tekstil tenun Batak. Salah satu bentuk nyatanya melalui gelaran pameran tenun Batak pada Adiwastra Nusantara ke-15 yang berlangsung pada tanggal 9-13 Februari 2022 di JCC Senayan Hall A.

Tobatenun dalam Pameran Adiwastra Nusantara 2022 (Foto: Hallowulandari)

Kerri Na Basaria, Founder dan CEO PT Toba Tenun Sejahtera menjelaskan, pada pameran itu, Tobatenun mengusung konsep “Tenun Batak – Ekosistem Budaya dan Masyarakat.” Lewat tema tersebut, Tobatenun menyoroti tentang potensi tenun Batak sebagai produksi industri ekonomi kreatif. Pada pameran ini, terdapat 3 (tiga) ruangan instalasi yang diusung oleh Tobatenun.

Pertama, Ruang Legacy yang memberikan penjelasan tentang filosofi dan revitalisasi budaya, serta gambaran bagaimana penggunaan tenun Batak dalam kehidupan 6 (enam) rumpun masyarakat Batak. Pada ruangan ini juga terdapat kain Ulos yang sudah berumur lebih dari 50 tahun, yaitu koleksi Ulos Lawas Pinunsaan.

Kedua, Ruang Innovation yang berisikan bentuk komitmen dari Tobatenun dalam merevitalisasi tenun Batak dengan pengembangan motif-motif kontemporer turunan dari motif tenun Batak. Selain itu juga ada beberapa potongan gambar informatif dalam proses menenun tenun Batak yang dilakukan pengrajin, mulai dari Gatip atau ikat hingga Membuat Sirat yang berarti proses penguncian benang lungsi dengan membuat motif pada bagian ujung kain tenun.

Ruang Innovation pada Booth Tobatenun di Pameran Adiwastra Nusantara 2022

Ketiga, Ruang Community yang menampilkan beberapa kolase foto pengrajin yang berada di bawah binaan Tobatenun dan Jabu Bonang dalam berkarya menghasilkan tenun Batak yang mendunia.

Ruang Community yang berisikan kolase foto pengrajin Jabu Bonang (Video: Hallowulandari)

Pada ketiga ruangan ini, para pengunjung benar-benar dimanjakan dengan desain instalasi yang unik dan kain Ulos yang dipajang menambahkan nuansa estetika pameran Tobatenun dalam Adiwastra Nusantara 2022. Para pengunjung diperbolehkan mengambil foto dan video yang dapat dibagikan ke media sosialnya. Selain membagikan keseruan yang ada, para pengunjung juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik dari Tobatenun. Pada akhir tur ruangan yang ada di booth Tobatenun, para pengunjung diberikan postcard buatan Tobatenun secara gratis sebagai cenderamata yang dapat dibawa pulang ke rumah.

Melalui pameran ini, Tobatenun berharap agar masyarakat dapat sejalan dengan visi yang diusung, yaitu Bangga Bertenun, Bangga Berbudaya. Selain itu, Tobatenun juga terus berupaya untuk menciptakan karya-karya tenun Batak dengan inovasi kekinian, sehingga tidak hanya sebagai kebutuhan sandang semata yang sarat akan simbol budaya, kasih sayang, dan persatuan, tetapi juga bernilai ekonomi sehingga dapat menyejahterakan para pengrajin dan menciptakan regenerasi agar ekosistem yang ada tidak punah ataupun memudar.


Data Terkait:

PDBI – Ragi Hotang, Laguboti

PDBI – Ragi Idup, Tarutung

Artikel Sebelumnya

MENGUPAS GELIAT THAK-THAKAN

Artikel Selanjutnya

[Press Release] PESTARAMA#7: Doa untuk Wisran Hadi

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.