#KodeNusantaraBerita

Mengenal Motif Batik beserta Asal Daerahnya

Batik merupakan sebuah kain yang digambar suatu pola atau motif sesuai dengan dari daerah mana ia berasal. Pembuatan batik sendiri memiliki ciri khusus yaitu dengan menuliskan atau menerakan “malam” pada kain tersebut. “Malam” biasa disebut lilin oleh masyarakat, dan dibuat dari ekskresi tumbuh-tumbuhan berupa resin atau damar. Batik memiliki beragam motif disetiap daerahnya yakni menggunakan corak pemandangan, unsur flora fauna, maupun pola-pola. Ingin tahu apa saja motif batik yang ada di Indonesia beserta daerah asalnya? Berikut ulasannya!

1.) Batik Sekar Jagad

Batik Sekar Jagad merupakan batik yang berasal dari Jogjakarta dan Solo. Kata “kar” dalam “sekar” memiliki arti peta, sedangkan “jagad” bahasa Jawa memiliki arti dunia. Sehingga motif Sekar Jagad memiliki arti penggambaran keanekaragaman yang ada di Indonesia maupun di dunia. Batik Sekar Jagad juga melambangkan keindahan serta keindahan, karena motif ini cantik dan mampu menarik perhatian siapa pun yang melihatnya. Umumnya batik Sekar Jagad bernuansa bunga-bungaan serta memiliki variasi warna disetiap bagiannya.

2.) Batik Pring Sedapur

Batik Pring Sedapur merupakan motif batik yang berasal dari daerah Magetan, Jawa Timur. Pembuatan batik ini berada di sebuah desa di lereng Gunung Lawu yang sarat akan pohon bambu, yaitu Dusun Papringan, Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan. “Pring” dalam bahasa Jawa artinya bambu, sedangkan “Pring Sedapur” artinya serumpun bambu. Nama motif Pring sedapur juga terinspirasi dari Dusun Papringan, karena dusun ini tumbuh banyak bambu yang sangat banyak. Sehingga motif pring sedapur bergambar kumpulan pohon bambu.

3.) Batik Megamendung

Beberapa dari kalian mungkin sudah familiar dengan motif batik ini, Megamendung. Pola yang membentuk awan bergulung dengan warna dominan biru ini sudah sering kita lihat. Motif megamendung berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat. Bentuk awan dalam beragam budaya melambangkan tentang dunia, serta bentuk awan juga merupakan gambaran dunia luas, bebas dan mempunyai makna transidental atau Ketuhanan. Konsep mengenai awan ini juga berpengaruh pada dunia seni rupa Islam pada abad 16 yang digunakan oleh kaum Sufi untuk ungkapan dunia besar atau alam bebas.

4.) Batik Kawung

Batik Kawung merupakan motif batik tertua di Indoensia dan yang pernah ada, yaitu sejak abad ke 9. Batik Kawung berasal dari Jogjakarta. Motif batik kawung mulai berkembang pada jaman Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, yaitu tahun 1755 pada abad ke-18. Batik Kawung memiliki beberapa makna diantaranya, pengendalian diri yang sempurna, hati yang bersih tanpa adanya keinginan untuk ria, dan masih banyak lagi hal-hal yang baik. Nama dan motif batik Kawung diambil dari 2 sumber, yaitu berasal dari nama serangga Kwangwung dan yang kedua adalah buah kolang-kaling. Motif batik Kawung sangat disukai oleh kalangan keraton Yogyakarta, dan juga motif Kawung termasuk kedalam beberapa motif larangan Keraton, dimana dulu hanya boleh digunakan oleh kalangan kerajaan saja.

Batik memiliki banyak sekali motif dari penjuru nusantara. Masing-masing memiliki makna untuk nantinya selalu dikenang dan diimplementasikan di kehidupan sehari-hari. Sebagai generasi muda, sudah seharusnya kita untuk selalu mengembangkan kebudayaan batik. Tidak hanya memakai atau mempromosikan, tetapi kita juga harus mendalami makna dari batik itu sendiri.

Sumber :

wikipedia

batik.or.id

jawatimuran.net

wordpress

pemoeda.co.id

Artikel Sebelumnya

Meriahnya Seren Taun

Artikel Selanjutnya

Mengenal Lebih Dalam Suku Sasak ; Suku Asli NTB

3 Komentar

  1. 28 September 2020 at 10:20 am — Reply

    Bagus sekali ya…..

  2. 21 October 2020 at 9:04 am — Reply

    Gw suka banget sama lu terima kasih ya kak

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.