#KodeNusantaraBerita

3 Alat Musik dari Bambu Asli Sunda

Bambu adalah jenis tanaman yang bersifat ringan, awet, dan mudah dibentuk. Tidak heran mengapa bambu banyak dijadikan sebagai alat musik di beberapa daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang memiliki banyak alat musik tradisional dari bambu adalah Jawa Barat. Kebudayaan Jawa Barat sangat erat kaitannya dengan tanaman bambu, karena tanaman ini sangat mudah ditemukan di dataran Sunda. Alat musik dari bambu yang berasal dari Jawa Barat antara lain angklung, karinding, dan celempungan. Sayangnya, beberapa alat musik ini sudah hampir punah bahkan mungkin kita tidak mengetahui alat-alat musik tradisional ini sama sekali. Agar bisa mengenal lebih jauh, yuk kita simak artikel berikut ini.

1. Angklung

Angklung adalah alat musik yang berkembang di masyarakat sunda. Alat musik ini dibuat dari bambu hitam (awi wulung) namun ada beberapa yang dibuat juga dari bambu putih (awi temen). Cara memainkannya digoyangkan, memiliki susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Alat musik ini sudah terkenal sampai kancah internasional, PBB melalui UNESCO telah menetapkan alat musik angklung sebagai alat musik asli Indonesia sejak November 2010.

2. Karinding

Karinding adalah salah satu alat musik tradisional Sunda yang cara memainkannya ditiup. Memiliki bunyi yang khas. Awalnya karinding digunakan oleh para orang tua untuk mengusir hama di sawah. Selain itu karinding juga digunakan untuk ritual pada upacara adat. Alat musik ini ada yang terbuat dari pelepah kawung (enau) dan bambu. Karinding yang terbuat dari enau digunakan oleh para laki-laki dan yang terbuat dari bambu biasanya digunakan oleh para perempuan untuk menyanggul rambut mereka. Konon karinding ini juga digunakan oleh para lelaki untuk merayu atau memikat hati wanita yang merek sukai.

3. Celempungan

Celempungan adalah grup musik yang merupakan bagian perkembangan dari celempung. Celempung sendiri merupakan alat musik yang terbuat dari hinis bambu yang memanfaatkan gelombang resonansi yang ada dalam ruas batang bambu. saat ini alat musik ini sudah jarang dimainkan, dalam ensambel celempungan perannya sudah diganti dengan kendang dan kulanter. Selain waditra tersebut, dalam celempungan waditranya sudah ditambah dengan kecapi dan biola. Jadi kata celempu-ngan adalah kesenian celempung yang sudah ditambah dengan waditra lain. Kata “ngan” menganalogikan adanya penambahan fungsi waditra dengan maksud untuk membuat celempung lebih halus dan lebih bernada.

 

Itu dia beberapa alat musik tradisional Indonesia dari bambu yang berasal dari Jawa Barat. Masih banyak lagi alat musik yang terbuat dari bambu bukan hanya dari Jawa Barat saja tapi daerah lain di Indonesia yang memiliki alat musik tradisional dari bambu. Sudah sepatutnya kita melestarikan alat-alat musik tradisional Indonesia agar lebih dikenal mancanegara, tidak punah, dan diakui oleh Negara lain.

 

Sumber:

Wikipedia.org

Wikipedia.org

www.kompasiana.com

www.bandungtourism.com


Angklung

Karinding

Celempungan

 

Previous post

Bonokeling Banyumas

Next post

Tradisi Upacara Pemakaman di Indonesia

1 Comment

  1. 20 Juli 2018 at 3:44 pm — Balas

    Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat sekali.
    jangan lupa untuk mengunjungi kami di Toko Alat Drum Band Makasar

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.