BeritaEvent

Menengok Tradisi Batobo di Riau

infobudaya.net: – Lebaran boleh lewat, namun tradisinya tetap membekas. Apalagi di Indonesia yang memiliki ragam kebiasaan unik ketika menyambut Idul Fitri di berbagai daerah. Kali ini saya mengajak Anda untuk menengok tradisi khas menyambut para perantau yang kembali ke Riau ketika Hari Raya.

Bagi masyarakat Kampar di Riau saat perantau kembali ke kampung asalnya akan disuguhi sambutan khusus. Seperti pahlawan, para rombongan pemudik diarak dengan menggunakan rebana melintasi persawahan dan menuju tempat berbuka puasa bersama. Kebiasaan yang telah menyejarah ini dinamakan tradisi Batobo.

Tradisi Batobo ini dijadikan ajang silahturahmi dan pelepas rindu antara para perantau dengan keluarga di kampung halaman. Tak hanya itu, saat malam tiba, kegiatan silahturahmi tersebut dilanjutkan dengan pengajian serta lomba membaca Alquran. Hadiahnya beragam, tergantung donasi dari pemudik yang datang. Jika jumlahnya besar, juara lomba baca Alquran bisa berupa seekor kerbau. Luar biasa, bukan.

Yang pasti tradisi Batobo merupakan momen khusus yang kerap hadir ketika bulan Ramadhan. Selain sebagai arena silahturahmi, Batobo juga menggairahkan perekonomian warga Kampar.

Sumber:

Tempo.co


Lebih jauh Tentang:

 

Artikel Sebelumnya

Mengunyah Sate Bandeng

Artikel Selanjutnya

Perang Beda Agama Demi Keharmonisan di NTB?

1 Komentar

  1. 26 May 2017 at 3:39 pm — Reply

    terima kasih infonya bermanfaat sekali

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.