#KodeNusantaraBlog

Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan di Kota Semarang

Ada yang menarik di kota Semarang ketika memasuki bulan Ramadhan. Yap benar! Setiap bulan Ramadhan seluruh masyarakat Kota Semarang selalu melangsungkan pertunjukan Dugderan.Nama Dugderan sendiri berasal dari “Dug” yaitu suara pukulan bedug, dan “Der” yang merupakan suara ledakan meriam atau petasan. Tradisi Dugderan sudah dilakukan sejak tahun 1881 pada masa pemerintahan Bupati Semarang, Purbaningrat dan terus dilakukan hingga saat ini.

Prosesi Dugderan terdiri dari tiga agenda yaitu:

  1. Pasar Dugderan selama satu bulan penuh mulai dari siang-malam.
  2. Ritual pengumuman awal bulan Ramadhan.
  3. Kirab Budaya Dugderan yang dilakukan di halaman Balai Kota Semarang Jawa Tengah.

Dalam perayaan nya, Dugderan juga dimeriahkan oleh sejumlah mercon dan kembang api, arak-arakan Warak Ngendhog serta banyaknya jualan yang dijajakan seperti mainan tradisional, kurma, busana muslim, aneka kuliner hingga segala jenis permainan di pasar malam atau pasar kaget yang telah disediakan oleh pemerintah setempat atau yang juga dikenal dengan sebutan Pasar Dugderan.

Warak Ngendhog sendiri merupakan hewan fantasi yang menyimbolkan kerukunan antar etnis di Kota Semarang. Hal ini ditunjukkan dari kepada naga yang menyimbolkan etnis Tionghoa, badan unta menyimbolkan etnis Arab dan kaki kambing yang menyimbolkan entis Jawa. Arak-arakan Warak Ngendhog inilah yang menjadi daya tarik bagi masyarakat termasuk para wisatawan yang sedang berkunjung di ibu kota Jawa Tengah itu.

sumber gambar: PDBI

Sayangnya, di kondisi pandemi seperti saat ini tradisi Dugderan tidak dapat dilakukan semeriah tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian, Dugderan tetap dilakukan namun tanpa adanya kegiatan arak-arakan dan pameran jajanan di pasar malam.

Data terkait: PDBI – Dugderan

Artikel Sebelumnya

Mengenal Lebih Dekat Usmar Ismail, Sang Bapak Film Nasional

Artikel Selanjutnya

Budaya Menarik di Danau Toba

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.