Berita

5 Kuliner Indonesia Berbahan Dasar Santan Kelapa Terenak

Salah satu kekayaan alam Indonesia yang melimpah adalah tanaman kelapa. Kelapa merupakan tanaman serba guna yang sering dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan, mulai dari batang kelapa untuk bahan pembuatan rumah, daun kelapa untuk membuat bebagai anyaman dan kerajinan, hingga daging buahnya yang banyak dipakai sebagai bahan olahan makanan salah satunya santan kelapa. Masakan dengan santan banyak digemari masyarakat Indonesia, mengingat santan kelapa memberikan rasa gurih dan kaya anti oksidan yang bermanfaat melawan  radikal bebas dan melindungi dari kerusakan sel. Berikut ini adalah beberapa kuliner Indonesia terenak yang berbahan dasar santan kelapa, antara lain:

  1. Rendang

Rendang merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang dimasak menggunakan santan kelapa selama kurang lebih empat jam untuk mendapatkan masakan rendang dengan bumbu meresap hingga ke dalam daging. Soal rasa rendang tidak usah diragukan lagi kelezatannya, empuknya daging sapi berpadu sempurna dengan bumbu rendang yang pedas dan gurih. Saking enaknya, masakan khas Sumatera Barat ini bahkan pernah dinobatkan sebagai  makanan terenak di dunia oleh CNN.

  1. Gulai

Gulai adalah makanan Indonesia terenak lainnya yang berbahan dasar santan kelapa. Masakan ini memiliki ciri khas berwarna kuning yang berasal dari kunyit. Gulai memiliki rasa yang gurih dan kaya akan rempah rempah (identik masakan Indonesia). Masakan ini paling enak disantap dengan nasi panas dan sambal cabai hijau, kombinasi ini mampu membuat semua orang menjadi lapar. Karena kelezatannya, gulai sering disebut sebagai kari ala Indonesia oleh masyarakat luar negeri.

  1. Soto

Soto merupakan makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran.  Soto tidak hanya berkuah bening namun ada juga yang memiliki kuah santan yang enak . Soto santan atau yang dikenal dengan nama Soto Betawi biasanya berisi daging sapi, jeroan, tomat,  kentang, dan terakhir disiram oleh kuah kaldu yang telah dimasak bersama bumbu seperti cabai, bawang, dan tak lupa santan kelapa segar yang membuat masakan ini sangat menggugah selera. Kuliner yang satu ini enak jika dimakan saat masih panas. Soto betawi juga cocok menjadi teman makan nasi dan digemari semua kalangan umur.

  1. Opor

Selanjutnya ada  Opor. Masakan ini merupakan masakan yang sangat terkenal di Indonesia, dikenal juga sebagai salah satu kuliner wajib saat hari-hari perayan besar masyarakat Indonesia seperti perayaan Hari Raya Idul Fitri. Meskipun demikian, masakan ini juga memiliki tempat khusus bagi pecinta kuliner khas Indonesia. Opor adalah masakan yang dibuat dari rebusan daging yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Masakan ini memiliki rasa yang sangat enak dan membuat ketagihan. Opor biasanya dinikmati bersama ketupat dan sambal goreng hati, perpaduan ini akan mengoyang lidah penikmatnya. Yum!

  1. Nasi Uduk

Nasi uduk  terbuat dari nasi putih yang diaron dan dikukus bersama dengan santan segar dari kelapa yang diparut. Nasi uduk juga menggunakan bumbu seperti pala, kayu manis, jahe, daun serai, dan merica. Makanan ini biasanya dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Makanan ini biasanya disantap oleh masyarakat Indonesia di pagi hari untuk sarapan sebelum memulai rutinitas. Rasa nasi uduk sangat lezat dan juga juicy, nasi yang dimasak bersama dengan bumbu dan santan membuat tekstur nasi lebih pulen dan creamy.

Itulah beberapa makanan Indonesia terenak yang berbahan dasar santan kelapa. Kalau menurut kalian apa sajakah makanan Indonesia lainnya yang berbahan dasar santan kelapa paling enak selain dari ke-5 makanan di atas?

 


Lebih jauh tentang:

Makanan

Rendang

Gulai

Soto

Opor

Nasi Uduk

Kelapa

Previous post

Ikipalin; Ungkapan Kesedihan Suku Dani

Next post

SEMINAR DAN PAMERAN NILAI BUDAYA: PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA MELALUI BUDAYA LOKAL

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.