#DanauToba#NusaKulinerBlog

Kuliner Khas Batak di Danau Toba

Siapa yang tak kenal dengan Danau Toba? Danau yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan wisata yang sangat terkenal di seluruh penjuru Indonesia, bahkan di mancanegara. Pemandangan yang luar biasa menjadi suguhan yang menjanjikan bagi para wisatawan. Namun, wisata yang dilakukan tak kurang terasa nikmat apabila tidak dibarengi dengan kuliner.

Ikan Mas Arsik

Ikan Mas Arsik adalah salah satu makanan khas Batak Toba yang cukup terkenal di Danau Toba. Biasanya, makanan ini disajikan pada acara adat, seperti perkawinan dan kematian. Proses memasak makanan ini lekat dengan memasak ikan dicampur andaliman, sejenis rempah yang menambah rasa getir dan menimbulkan aroma khas. Biasanya, Ikan Mas Arsik disajikan dengan nasi hangat dan bawang batak.

Sumber gambar: merdeka.com

Itak Gurgur

Itak Gurgur adalah hidangan khas Batak yang dibuat menggunakan beras. Proses pembuatannya dimulai dengan membuat itak, kelapa muda yang telah dihaluskan secara tradisional. Setelah itu, itak dicampur dengan air panas dan diaduk hingga rata. Kemudian, Itak Gurgur dicetak manual dan biasanya diberikan kepada orang lain. Proses pemberian ini menjadi unik, karena nama gurgur diambil dari tradisi ini. Gurgur berarti membara, sehingga diharapkan orang yang diberi makanan ini memiliki semangat membara.

Sumber gambar: merdeka.com

Manuk Napinadar

Manuk Napinadar adalah hidangan Batak yang memiliki keunikan, yaitu proses memasaknya dicampur dengan darah ayam. Pertama-tama, ayam harus diolah dengan cara dipanggang terlebih dahulu. Setelah matang, ayam ini dimasak dengan darah ayam dan dicampur andaliman serta bawang putih bubuk. Hidangan ini biasanya dibuat pedas agar selaras dengan rasa andaliman.

Sumber gambar: travel.kompas.com

Naniura

Naniura adalah hidangan khas Batak yang tidak dimasak, hanya dibumbui. Banyak orang beranggapan bahwa Naniura ini adalah sushi ala Batak. Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan mas, ikan nila, dan mujair. Setelah ikan dibersihkan dari duri dan lendir, ikan akan direndam ke dalam air asam jungga atau jeruk purut selama ± 7 jam. Proses penyajian menggunakan bumbu khas semakin menambah cita rasa hidangan ini. 

Sumber gambar: kompas.com

Kuliner khas Batak di Danau Toba sangatlah menarik, bukan? Tak hanya mata yang dimanjakan, namun perut pun ikut terlena ketika berwisata di Danau Toba. Makanan-makanan di atas wajib untuk dicicipi ketika berkunjung di Danau Toba. Jangan lupa untuk mampir ke Danau Toba, ya!


Referensi:

PDBI – Ikan Mas Arsik

PDBI – Naniura

PDBI – Itak Gurgur

PDBI – Manuk Napinadar

Artikel Sebelumnya

Mengenal Lebih Dekat Huta Siallagan

Artikel Selanjutnya

Ritual Manguras Tao sebagai Entitas Budaya Masyarakat Sekitar Danau Toba

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.