Berita

Warga Indonesia di Melbourne Bentuk Kelompok Orkes Jawi

Warga Indonesia yang berkumpul di Australia menawarkan sesuatu yang berbeda. Keinginan untuk melestarikan budaya Jawa menghasilkan kelompok musik yang diberi nama Orkes Jawi Waton Muni (OJWM). Kelompok musik yang dibentuk akhir tahun 2013 ini berawal dari pertemuan sejumlah warga Indonesia di Melbourne.

Orkes Jawi Waton Muni (OJWM), atau seringkali disebut ojo waton muni yang artinya jangan asal bunyi dalam bahasa jawa, mencoba memadukan seni tradisional dengan kemasan modern agar dapat mengakomodir berbagai generasi. Campuran lagu-lagu tradisional dengan sentuhan modern ini tidak hanya berfokus pada budaya Jawa, tapi juga budaya Indonesia.

Dalam setiap pertunjukkannya, sebanyak 20 anggota dari kelompok OJWM ikut tampil. Uniknya, tidak ada anggota yang memiliki latar belakang musisi profesional, karena kebanyakan dari mereka adalah pelajar dan pekerja yang menetap di Melbourne. Orkes Jawi Waton Muni sudah tampil di sejumlah event-event yang diselenggarakan oleh komunitas Indonesia, salah satunya di acara pembukaan Festival Film Indonesia 2015 dan Festival Sate Indonesia di Australia.

Sumber Berita

jpnn.com


Lebih lanjut tentang:

 

Previous post

FPUB Gelar Laku Budaya Lampah Ratri

Next post

Pernah Dengar Batik Ramah Lingkungan?

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.