#DanauToba#KodeNusantaraBlog

Garantung, Gong Unik Dari Sumatera Utara

Indonesia begitu kaya akan seni dan tradisi peninggalan nenek moyang. Akan tetapi sayangnya banyak tradisi tersebut mulai luntur dan tidak dikenal oleh generasi muda saat ini. Khususnya daerah Sumatera Utara terdapat berbagai jenis Suku, salah satunya adalah Suku Batak. Masyarakat Batak Toba adalah salah satu suku dari lima kelompok suku Batak lainnya, yaitu Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Pak-Pak, Batak Mandailing, dan Batak Angkola. Setiap etnis di Sumatera Utara mempunyai budaya dan kesenian yang berbeda dengan etnis lainnya. Demikian juga halnya dengam etnis Toba, masyarakat Toba mempunyai kebudayaan yang secara turun-temurun diwariskan dari nenek moyangnya, baik secara lisan maupun tulisan.

Suku bangsa Batak di Sumatera Utara memiliki seni musik yang disebut Uning-Uningan. Seni musik Uning-Uningan ini menggunakan banyak alat musik tradisional Sumatera Utara. Dari berbagai alat musik daerah, ada sebuah alat musik yang disebut Garantung. Garantung adalah sebuah intrumen musik tradisional Batak Toba yang terbuat dari wilahan kayu ingol dan dosi yang ditata berdasarkan urutan tangga nada diatonis, yang termasuk dalam xilofon. Pada awalnya Garantung hanya terdiri dari lima bilah saja dengan penalaan lima nada, yang dahulunya biasa disebut dengan istilah nang, ning, nung, neng, nong. Kemudian dalam perkembangannya Garantung memiliki 7 wilahan yang digantungkan di atas sebuah kotak yang sekaligus sebagai resonatornya. Masing-masing wilahan mempunyai nada masing-masing, yaitu 1 (do), 2 (re), 3 (mi), 4 (fa), 5 (so), 6 (la), dan 7 (si). Antara wilahan yang satu dengan wilahan yang lainnya dihubungkan dan digantungkan dengan tali.

Kotak resonator sendiri juga mempunyai tangkai, yang juga sekaligus merupakan bagian yang turut dipukul sebagai ritme dasar, dan wilahan sebagai melodi. Garantung dimainkan dengan menggunakan dua buah stik untuk tangan kiri dan tangan kanan. Sementara tangan kiri berfungsi juga sebagai pembawa melodi dan pembawa ritme, yaitu tangan kiri memukul bagian tangkai garantung dan wilahan sekaligus dalam memainkan sebuah lagu. Alat musik ini dapat dimainkan secara solo (tunggal), namun dapat juga dimainkan dalam satu ansambel.

Garantung memiliki fungsi yang cukup beragam, sebagai instrumen tunggal, dahulunya Garantung sering dimainkan oleh seorang ibu hamil, agar kelak anaknya lahir dalam keadaan sehat. 

Sebagaiinstrumen melodik, Garantung memainkan melodi yang sama (heterofoni) dengan instrumen melodik lainnya seperti sulim, sarune etek, dan hasapi ende, dalam salah satu versi Uning-Uningan Batak Toba, namun masing-masing alat dapat mengembangkan pola dasar garis melodi dengan variasi dan ornamentasi nada yang lebih bebas berdasarkan ekspresi dan karakter masing-masing instrumen dan pemainnya.

Saat ini Garantung sering juga digabungkan dengan instrumen musik modern, seperti gitar elektrik, gitar bass, keyboard, drum set, terompet, saxophone, trombone atau disebut juga ansambel Musik Tiup, yang sering dimainkan dalam pertunjukan yang bersifat hiburan, juga dalam upacara adat seperti upacara pernikahan, dan upacara meninggal dunia (ulaon saur matua). 


Referensi:

PDBI – Garantung

TradisiKita – Alat Musik Garantung dari Sumatera Utara

Referensiku Belajar – Alat Musik Garantung dari Sumatra Utara

Artikel Sebelumnya

Langkanya Daun Pirdot dan Khasiatnya Bagi Tubuh Kamu

Artikel Selanjutnya

Air Terjun Anti Mainstream Ini Ada di Danau Toba!

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.