#DanauToba#KodeNusantaraBlog

Air Terjun Anti Mainstream Ini Ada di Danau Toba!

Halo sobat Infobudaya, siapa di sini yang suka banget main di air terjun? Apakah kamu salah satunya? Nah, kalau iya kamu harus banget simak tulisan ini ya!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti air terjun adalah aliran air melewati jeram hingga air jatuh bebas ke dasar sungai (lereng, lembah). Air terjun sekarang sering kali menjadi objek wisata karena pemandangan yang indah dan orang-orang bisa bermain air di sana. Air terjun di dunia ada banyak sekali bahkan negara-negara di luar Indonesia pun memiliki air terjun seperti Air Terjun Golden di Gullfoss Iceland, Air Terjun Plitvice di Kroasia, Air Terjun Iguazu Argentina di Brazil, dan lain-lain.

Nah, kali ini kita akan membahas salah satu air terjun di Indonesia tepatnya adalah Air Terjun Situmurun, Air Terjun Situmurun merupakan air terjun unik yang ada di Sumatera Utara, lokasinya yang tepat di pinggir danau membuatnya mendapat kesan unik dan berbeda dari air terjun biasanya. Air Terjun Situmurun juga mempunyai nama sebutan lain, yaitu Air Terjun Binangalom, Air Terjun Situmurun atau Situmurun Waterfall merupakan nama panggilan dari para wisatawan yang datang. Air Terjun Binangalom memiliki arti yakni “binaga” yang berarti sungai dan “lum” atau “lom” yang artinya air penyejuk dalam bahasa Batak. Hal ini bukan sekadar omong kosong belaka saja karena memang saat kamu ada di sini, kamu akan merasakan kesejukan dan rasa segar yang menghampiri tubuh kamu, lho! ditambah pemandangan yang ada di sekitar terlihat sangat asri jadi menambah kesegaran badan kamu. Hal unik lainnya adalah Air Terjun Situmurun ini memiliki 7 tingkatan dengan tinggi mencapai 70 meter.

Akses menuju ke tempat ini hanyalah melalui jalur transportasi air. Untuk ke tempat ini juga biasanya dengan menyewa kapal yang harganya mulai dari Rp 1.000.000,- hingga Rp 2.500.000 tergantung kapasitas dan besar kecilnya kapal tersebut. Namun kapal tersebut sudah dapat mengangkut penumpang sekitar 50 sampai 100 orang. Jadi disarankan apabila kamu ingin datang ke tempat ini datanglah bersama rombongan agar biaya terasa ringan. Apabila masih tersisa banyak waktu, kamu bisa juga meminta awak kapal untuk berkeliling di sekitar Danau Toba. Seperti ke Desa Sigapiton, Batu Gantung, Tomok, Ambarita, serta Tuk-tuk tergantung kesepakatan dengan pihak awak kapal. Jangan khawatir akan keselamatan penumpang karena di setiap kapal selalu disediakan pelampung. Dan juga di kapal bisa dilakukan kegiatan memanggang, serta karaoke-an bersama teman. Gimana asik banget kan? Tentu saja kalian harus mencoba mengunjungi Air Terjun Situmurun ini, Sob! Dijamin deh kamu tidak akan menyesal setelah datang ke Air Terjun ini.


Referensi:

PDBI – Air Terjun Situmurun

Travelingyuk – Air Terjun Situmurun Toba

Nusatrip Blog – Air Terjun Terindah di Dunia Ada di Indonesia lho

Artikel Sebelumnya

Garantung, Gong Unik Dari Sumatera Utara

Artikel Selanjutnya

Alat Musik ini Ternyata Punya Peran Penting, lho!

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.