#KodeNusantara#NusaKuliner

Petani Kopi Kintamani: Rasa Tersembunyi di Balik Kopi

Kopi kintamani yang kita nikmati sehari-hari memiliki rasa asam segar frutty (buah-buahan) yang unik. Rasa kopi yang tidak terlalu pahit dan memiliki ukuran body medium. Selain itu, kopi kintamani tidak meninggalkan aftertaste di mulut.

Rasa kopi kintamani yang dirasakan oleh lidah kita saat ini, ternyata ada nilai tersendiri bagi petani kopi kintamani lho. Petani kopi kintamani melihat bahwa kopi tak hanya sebatas rasa. Melainkan terdapat pula nilai kekerabatan, kebersamaan, dan kreativitas dalam mengelola kopi.

Mereka memiliki puluhan ribu hektare kebun kopi. Kebun tersebut dihuni oleh ratusan luwak liar yang sering kali memakan buah kopi yang sudah matang.

Luwak liar tersebut mulanya dipandang sebagai hama semata. Namun, mereka menyadari bahwa kopi yang berasal dari kotoran luwak liar membuat nilai jual kopi semakin tinggi. Lantas petani kopi kintamani membuat penangkaran luwak di dalam perkebunana kopi. Luwak akan memakan bauh kopi yang sudah matang dan petani kopi tinggal mengumpulkan biji kopi dari kotoran luwak.

Setiap kilogram yang dikumpulkan, petani mendapat upah sekitar Rp 100.000. Namun, mereka tidak diberi penuh tetapi diberikan setengahnya. Setengah lagi disimpan di kelompok subak. Uang tabungan tersebut dikelola oleh warga subak. Metode ini dilakukan supaya anggota subak dan kelompok petani dapat tumbuh bersama dalam kemajuan desanya.

Sistim pengembangan dan pengelolaan yang mereka lakukan terdapat nilai kekerabatan, nilai kebersamaan, serta investasi bersama demi memajukan kesejahteraan mereka.

Bukan hanya itu saja, mereka juga menunjukkan bahwa menanam kopi bukan demi tujuan bisnis semata, melainkan menjaga ekosistem tanaman kopi dan luwak liar sehingga tetap menjaga kelestarian alam lingkungan mereka.

Mengulik Kopi Perdamaian dari Timur Indonesia
Previous post

Mengulik Kopi Perdamaian dari Timur Indonesia

Next post

This is the most recent story.

1 Comment

  1. 12 September 2019 at 10:23 pm — Balas

    jadi ingin menanam kopinya. DImana bisa mendapatkan bibit kopi Kintamani? Mohon infonya

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.