Berita

Dari Tradisi Di Berbagai Negara Ini, Manakah yang Lebih Romantis?

Februari tampaknya adalah bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh sepasang kekasih di seluruh dunia. Pasalnya, Februari memang identik dengan bulan penuh kasih sayang karena tanggal 14 Februari diperingati sebagai Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang di seluruh dunia. Sudah menjadi hal lumrah bahwa bertepatan dengan momen tersebut, mereka yang sedang jatuh cinta akan menyatakan perasaannya atau merayakannya bersama yang terkasih dengan saling memberikan kartu ucapan cinta, cokelat, bunga, hingga hal-hal romantis lainnya.

Tapi ternyata selain hal-hal tersebut, ada tradisi unik lainnya juga lho yang dilakukan oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia untuk mengekspresikan perasaan cinta mereka. Penasaran?

 

Meksiko

sumber: http://www.newenglandhistoricalsociety.com

Bagi kebanyakan orang, bersiul di depan wanita mungkin dianggap sebagai hal yang kurang sopan. Tapi tidak demikian bagi Suku Kickapoo di Meksiko. Bagi mereka, bersiul merupakan bentuk bahasa romantis kepada pasangan mereka. Uniknya, mereka menciptakan siulannya sendiri agar tidak dimengerti oleh orang lain.

 

Mauritania

sumber: https://www.providr.com

Jika para wanita di seluruh dunia berbondong-bondong untuk melakukan diet agar terlihat lebih cantik dan menarik, para wanita di Mauritania justru melakukan hal sebaliknya. Adalah tradisi Leblouh, di mana para wanita di Afrika Barat, khususnya Mauritania, berlomba-lomba menggemukkan tubuhnya dengan mengkonsumsi lemak untuk menarik perhatian sang pria. Semakin gemuk si wanita, maka wanita itu akan dianggap semakin makmur dan kaya pula. Dan semakin tertarik pula para pria untuk menikahinya.

 

Austria

Bagaimana rasanya jika kamu harus mencium bau keringat seseorang? Tanpa ba-bi-bu lagi kamu pasti akan segera menolak bukan? Tapi ternyata apapun bisa dilakukan demi cinta. Ada sebuah tradisi di Austria di mana para perempuan menari di hadapan pemuda sambil menempelkan apel di ketiak mereka. Apel yang sudah dipenuhi keringat tersebut akan diberikan kepada pemuda yang mereka sukai. Jika pemuda itu juga memiliki perasaan yang sama, maka ia pun akan memakan apel tersebut!

 

Cina

Sumber: http://www.absolutechinatours.com/

Mengungkapkan rasa cinta ternyata tidak melulu dengan cara memberikan bunga, cokelat, ataupun hadiah. Di Cina, pada Sisters’ Meal Festival, para wanita mengungkapkan perasaannya melalui simbol yang dibungkus dengan sapu tangan. Jika sapu tangan itu berisi sepasang sumpit, itu menandakan perasaan cinta. Jika hanya satu sumpit, itu menandakan penolakan. Namun, jika sapu tangan itu diisi cabai, itu menandakan bahwa si wanita benar-benar ingin menghapus sang pria dari kehidupannya.

 

Indonesia

sumber: http://www.senitari.com

Ada banyak tradisi di Indonesia yang dianggap sebagai bentuk ungkapan rasa kasih sayang. Tari Serampang Dua Belas misalnya. Tarian yang berasal dari Kabupaten Serdang, Sumatera Utara, ini merupakan salah satu dari sekian banyak tari tradisional nusantara yang menjadi warisan budaya kehidupan bangsa Indonesia di masa silam. Disebut Serampang Dua Belas karena tarian ini mengisahkan tentang sebuah kisah cinta muda-mudi yang dibagi ke dalam dua belas tahap. Tiap-tiap tahap menceritakan sebuah kisah yang saling berkesinambungan, di mana tiap-tiap gerakannya memiliki makna tersendiri:

 

  1. Gerak tari permulaan, menceritakan pertemuan pemuda dan gadis yang masih diliputi tanda tanya
  2. Gerak tari berjalan, menceritakan tentang tumbuhnya rasa cinta antara muda mudi tersebut
  3. Gerakan tari pusing, menceritakan sepasang muda-mudi yang semakin sering bertemu
  4. Gerakan tari gila, menceritakan sepasang muda mudi yang sedang kasmaran
  5. Gerakan tari berjalan sipat, menceritakan bagaimana si gadis ingin mengungkapkan perasaannya melalui sebuah isyarat
  6. Gerakan tari goncet-goncet, menceritakan bagaimana si pemuda menerima isyarat gadis untuk mengungkapkan perasaannya
  7. Gerakan tari sebelah kaki, menggambarkan perasaan menduga-duga antara mengungkapkan perasaan atau mengurungkan niatnya
  8. Gerakan tiga langkah, menggambarkan perasaan tidak percaya bahwa cinta keduanya akhirnya menemukan jalannya
  9. Gerakan tari melonjak, menceritakan upaya pemuda dan gadis untuk meminta restu orang tua
  10. Gerakan tari datang mendatangi, menceritakan proses peminangan kedua pihak keluarga
  11. Gerakan tari rupa-rupa, menceritakan prosesi pengantaran pengantin ke pelaminan
  12. Gerakan tari sapu tangan, merupakan gerakan penutup yang menceritakan penyatuan dua hati ke dalam ikatan sebuah pernikahan

Tradisi Tari Serampang Dua Belas ini menunjukkan bagaimana perjalanan sebuah perjuangan cinta antara muda-mudi yang berakhir bahagia pada sebuah ikatan suci pernikahan.

 

 

Ternyata banyak sekali ya, cara-cara yang bisa digunakan untuk mengekspresikan rasa cinta.

Nah, menurut teman-teman, di antara beberapa tradisi tersebut tradisi mana yang lebih romantis?

 

 

Previous post

Bannang-Bannang : Romantisme Kuliner Khas Sulawesi Selatan

Next post

Kisah Unik Nanas Parigi, Benteng Pertahanan Kesultanan Buton

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.