Berita

Bahasa Daerah Minahasa Tak Boleh Punah!

Salah satu kekayaan Indonesia adalah bahasanya. Bahasa daerah di wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke begitu banyak jumlahnya dan memiliki kekhasan masing-masing yang menarik. Amat disayangkan telah banyak pula bahasa yang telah punah. Pelestarian bahasa daerah penting dilakukan jika mengingat peran bahasa merupakan aset bagi setiap bangsa.

Tak dapat dipungkiri majunya ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi penyebab bahasa daerah terabai. Hal ini rupanya dirasakan masyarakat Minahasa. Anak muda Minahasa cenderung tak lagi gunakan bahasa daerah. Bukan hanya sekadar perihal komunikasi teman sepergaulan, fenomena ini harus disikapi secara serius karena menyangkut jati diri orang Minahasa.

Betapa perlunya budaya dan bahasa daerah digunakan dalam pergaulan luas sehingga tak hanya diterapkan di lingkup keluarga saja. Lahirnya bahasa-bahasa baru seperti bahasa gaul atau kosakata baru dapat memicu hilangnya jati diri anak daerah. Penerimaan bahasa asing memang penting di tengah persaingan antar bangsa namun janganlah mengabaikan bahasa daerah.

 

Sumber: Tribun Manado


Lebih jauh tentang:

 

Previous post

Cinta Budaya Dengan Berjiwa Musik Batak

Next post

Generasi Muda dan Identitas Mandar

1 Comment

  1. 26 April 2016 at 9:57 am — Balas

    Bahasa memiliki peran yang sangat sentral dalam pembentukan identitas bangsa. Oleh karena itu, penting untuk menjaga dan mengembangkan bahasa daerah yang ada di Indonesia.

    Terima kasih atas artikelnya.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.