#KodeNusantara#SandiNusantaraBlog

Press Release Webtoon ‘Sandi Nusantara’

Untuk diterbitkan segera

Rayakan Kemerdekaan Indonesia, Sobat Budaya Bersama Bandung Fe Institute, Meluncurkan Webtoon “Sandi Nusantara”

(Diadaptasi dari buku Kode-Kode Nusantara)

17 Agustus 2021 – Tak bisa dibantah, Indonesia menyimpan sejuta kekayaan budaya di setiap jengkal tanah airnya. Bukan hanya pernak-pernik kerajinan tangan, motif-motif wastra yang menarik mata, ragam kuliner yang memuaskan lidah, atraksi budaya yang mengagumkan, alunan-alunan nada penuh pesan yang disenandungkan sejak zaman nenek moyang, ataupun upacara-upacara adat yang mengatur tata aturan dan norma-norma kehidupan masyarakat, lebih dari itu kekayaan budaya tradisi nusantara menyimpan sandi-sandi informasi yang menyibakkan sudut pandang pengetahuan dan peradaban nusantara.

Sejak 2016, eksplorasi dengan metode ilmiah atas puluhan ribu data warisan tradisi melalui belasan tahun pendataan melalui Perpustakaan Digital Budaya Tradisi telah terdiseminasikan melalui penerbitan buku Kode-Kode Nusantara. Kini, Bandung Fe Institute bersama Komunitas Sobat Budaya kembali berinovasi demi terus menyebarkan semangat pendataan digital dan penggalian budaya Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi dengan meluncurkan  komik digital ‘Sandi Nusantara’ yang diadaptasi dari hasil-hasil penelitian dalam buku Kode-Kode Nusantara bertepatan dengan perayaan HUT Republik Indonesia ke-76 dengan semangat “Merdeka dengan jejak-jejak sains dan matematika dalam budaya tradisi Nusantara,” pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Memperhatikan animo dan pergeseran tren membaca di masyarakat yang cenderung beralih ke media digital, LINE Webtoon dan KaryaKarsa menjadi media yang dipilih untuk penerbitan komik digital ‘Sandi Nusantara’ yang dirasa tepat menjadi media penceriteraan dan visualisasi khazanah peradaban pengetahuan nusantara tanpa bermaksud menggurui kepada anak-anak muda sekarang ini. Selain dapat diakses secara gratis melalui platform LINE Webtoon, para penggemar buku Kode-Kode Nusantara juga dapat berkontribusi memberikan dukungan kepada kreator melalui sistem tipping atau berlangganan bulanan untuk akses episode terbaru ‘Sandi Nusantara’ melalui platform KaryaKarsa.

Komik digital ‘Sandi Nusantara’ akan diterbitkan secara berkala setiap minggu melalui platform baca komik gratis LINE Webtoon dan KaryaKarsa. Komik ini akan menceritakan perjalanan Gendra bersama teman-temannya menelusuri kekayaan budaya tradisi nusantara dan jejak-jejak sains, serta matematika yang ditemukan di balik informasi-informasi yang tersandikan di setiap cerita dan prakarya budaya tradisi nusantara. 

Gendra menggambarkan karakter muda yang senantiasa dirundung rasa penasaran dan rasa ingin tahu terhadap matematika dan ilmu pengetahuan yang berkelindan di sekitar kehidupannya. Dalam petualangan intelektualnya, Gendra menemukan jigsaw puzzle jejak-jejak peradaban dan ilmu pengetahuan nenek moyang dalam sandi-sandi informasi budaya tradisi nusantara.

Peluncuran webtoon ‘Sandi Nusantara’ dikemas dalam kegiatan live talk show bersama dengan Hokky Situngkir selaku peneliti dan penulis buku Kode-Kode Nusantara, Nicky Ria Azizman (Ketua Sobat Budaya), Siti Wulandari (Ketua Tim Webtoon Sandi Nusantara), dan Tantowi Albanani (Ilustrator webtoon ‘Sandi Nusantara’). Live talk show diselenggarakan melalui Instagram Live @sobatbudaya dan @kodenusantara pada Selasa malam, 17 Agustus 2021 pukul 19.00 WIB hingga selesai. Para penggemar buku Kode-Kode Nusantara juga bisa turut berpartisipasi dengan menjadi “patron” bagi proyek terbaru Sobat Budaya ini baik di LINE Webtoon maupun KaryaKarsa.

###

Tentang Sobat Budaya

Sebuah komunitas pemuda yang berupaya dan bergotong royong untuk mengumpulkan dan mendigitalisasikan informasi budaya tradisi ke perpustakaan digital budaya Indonesia (PDBI) dengan alamat situs https://budaya-indonesia.org. Gerakan yang berawal dari Kota Bandung, diluncurkan pertama kali di Istana Negara tanggal 13 Desember 2011.

Tentang Bandung Fe Institute

Merupakan lembaga riset kompleksitas pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 2002. Bandung Fe Institute telah menghasilkan puluhan hasil riset kompleksitas yang bisa dilihat di laman https://bandungfe.net/ dan jurnalisme data sains Indonesia yang bisa dibaca di https://bfinews.com/.

Media Contact:

Sanny (0816-267-312)

humas@sobatbudaya.or.id


Artikel Sebelumnya

Cara Mengisi Weekend dengan Baking Roti Khas Pematangsiantar!

Artikel Selanjutnya

MENGUPAS GELIAT THAK-THAKAN

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.