#DanauToba#KodeNusantaraBlog

8 Fakta Menarik Mengenai Danau Toba

Siapa sih yang tidak tahu dengan Danau Toba? Belum lama ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan 10 destinasi unggulan yang diprioritaskan sebagai tujuan wisata “Bali baru” bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu destinasi yang ditetapkan adalah objek wisata Danau Toba di Sumatera Utara.

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia juga Asia Tenggara. Selain itu, Danau Toba juga merupakan danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan. 

Setelah ditetapkan sebagai bagian dari 10 destinasi unggulan prioritas kampanye Wonderful Indonesia, dalam beberapa tahun belakangan ini akses menuju Danau Toba telah dibenahi oleh pemerintah untuk mempermudah wisatawan yang berkunjung. Semula wisatawan harus mencapai kawasan Danau Toba dengan menggunakan penerbangan ke Bandara Internasional Kualanamu terlebih dahulu atau Bandara Ferdinand Lumban Tobing (dulunya bernama Aek Godang) di Sibolga.

Berikut sejumlah fakta tentang Danau Toba:

  • Danau Terbesar di Indonesia juga Asia Tenggara

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia juga Asia Tenggara.

  • Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Danau Toba adalah supervolcano dan danau vulkanik terbesar di dunia, dan merupakan danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika.

  • Danau Toba Ditetapkan Sebagai Bagian Dari UNESCO Global Geopark

Kaldera Toba dilestarikan dan dilindungi sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark. Kaldera Toba, Provinsi Sumatera Utara terbentuk dari ledakan supervolcano 74.000 tahun lalu. Dasar kaldera tersebut dipenuhi dengan air dan menjadi danau terbesar di Indonesia.

  • Sepuluh Danau Terdalam di Dunia

Danau Toba adalah salah satu dari sepuluh danau terdalam di dunia yang mencapai kedalaman sekitar 500 meter.

  • Luas Pulau Samosir Setara Dengan Singapura

Pulau Samosir di tengah Danau Toba memiliki luas 64.000 hektar atau setara dengan negara Singapura.

  • Pulau di Atas Pulau, dan Danau di Atas Danau

Keunikan yang ada pada Danau Toba lainnya adalah memiliki pulau di atas pulau dan danau di atas danau. Pulau Samosir yang berada di atas Pulau Sumatera, serta Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang berada di atas Danau Toba.

  • Danau Toba Dulunya Gunung

Gunung Toba diperkirakan meletus 75.000 tahun yang lalu dan jauh lebih dahsyat dari letusan Gunung Tambora, Gunung Krakatau bahkan bom Hiroshima. Inilah yang disebut supervolcano. Berdasarkan estimasi para ahli, letusan itu melontarkan volume material setidaknya 2.800 kilometer kubik atau yang dikenal Youngest Toba Tuff (YTT). Setelah meletus hebat, Kaldera Toba tertutup bebatuan beku. Air kemudian mengisi Kaldera hingga membentuk danau.

  • Rumah Bagi Dua Kelompok Suku

Danau Toba juga rumah bagi dua kelompok suku, yaitu Tomok dan Simanindo. Rumah-rumah tradisional mereka berada di Pulau Samosir dan dilindungi dengan tembok yang terbuat dari tanah dan pagar-pagar bambu serta pohon-pohon sebagai penghalang. Desa ini juga memiliki banyak rumah tradisional yang unik dan otentik, terutama dari suku Tomok, yang terdiri dari deretan rumah kayu besar dengan atap jerami berbentuk sadel. Selain itu, di daerah ini juga terkenal dengan tarian Tor-Tor yang digunakan untuk memanggil para roh agar masuk ke dalam patung-patung batu yang merupakan simbol dari para leluhur.


Referensi:

PDBI – Legenda Danau Toba

PDBI – Tor-Tor

PDBI – Suku Tomok

PDBI – Suku Simanindo

Artikel Sebelumnya

Napak Tilas Pengorbanan R.A Kartini Dari Kamar Pengabdian R.A Kartini

Artikel Selanjutnya

Mengenal Lebih Dekat Huta Siallagan

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.