#KodeNusantaraBlogPiknik

Napak Tilas Pengorbanan R.A Kartini Dari Kamar Pengabdian R.A Kartini

Rembang adalah salah satu daerah di Indonesia yang lokasinya berada di perbatasan dua provinsi, Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Kota kecil ini merupakan lokasi terkahir Raden Ajeng Kartini (RA Kartini) tinggal di sisa hidupnya. Raden Ajeng Kartini lahir dan besar di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah pada tahun 1879 silam. Namun, semenjak dipersunting oleh KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang kala itu merupakan Bupati Rembang, Kartini akhirnya tinggal dan menetap di Rembang, Jawa Tengah hingga akhir hayatnya. Rumah yang ditepati oleh Kartini ini merupakan rumah dinas Bupati Rembang yang kini dijadikan sebagai Museum Kartini. Museum R.A Kartini menyimpan banyak sekali kenangan dan menjadi bukti sejarah atas perjuangan dan dedikasi R.A Kartini bagi seluruh perempuan Indonesia.

Museum ini memiliki beberapa bagian yang terdiri dari ruang tamu, ruang arsip, dapur, ruang batik, ruang makan dan sebuah ruangan yang disebut kamar pengabdian R.A Kartini. Kamar Pengabdian R.A Kartini tidak lain merupakan kamar tidur beliau. Disebut sebagai kamar pengabdian R.A Kartini karena merupakan tempat pengabdian beliau sebagai seorang istri dan seorang ibu. Di kamar tersebutlah R.A Kartini melahirkan anak semata wayangnya yang diberi nama Raden Mas Soesalit Djojoadhiningrat. Menariknya semua perabotan dan segala macam benda peninggalan R.A Kartini masih tertata dengan rapi seperti lukisan R.A Kartini yang terpajang di kamar pengabdian, Al-Qur’an berbahasa Jawa, tempat jamu, tempat tidur yang masih utuh dengan ukiran khas Jepara, meja hias, bathup pribadi, mesin jahit, cermin, buku harian dan buku yang menjadi Habis Gelap Terbitlah Terang.

Museum R.A Kartini berlokasi di Jl. Gatot Subroto No.8, Kutoharjo, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Museum tersebut buka setiap harinya mulai dari jam 08.00 – 15.00 WIB dengan biaya masuk sebesar Rp. 2.000/orang.

Data Terkait: PDBI – Museum Kamar Pengabdian RA Kartini

Artikel Sebelumnya

Budaya Menarik di Danau Toba

Artikel Selanjutnya

8 Fakta Menarik Mengenai Danau Toba

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.