#KodeNusantaraBlog

Mengenal Budaya Indonesia: Wayang Kulit

Wayang adalah seni pertunjukan yang berasal dari Indonesia berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Wayang berasal dari kata “Ma Hyang” yang artinya roh spiritual, dewa atau Tuhan yang Maha Esa. Wayang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor dari Indonesia. Indonesia Memiliki banyak macam atau jenis wayang, di antaranya Wayang Kulit, Wayang Kayu, Wayang Bambu, Wayang Orang, Wayang Rumput dan Wayang Motekar.

Wayang Kulit dimainkan oleh seorang Dalang pada saat pementasannya, Dalang juga menjadi seorang narator atau pembaca dialog. Pada saat pementasan seorang Dalang memainkan wayang tersebut di balik kelir atau layar yang terbuat dari kain putih dengan sorotan lampu atau bloncong, sehingga menghasilkan bayangan yang dapat dilihat oleh penonton. Wayang Kulit merupakan boneka yang terbuat dari kulit lembu dan salah satu bentuk kesenian tradisional yang cukup tua.

Penceritaan wayang biasanya diambil dari kisah Ramayana dan Mahabharata. Pada masa lampau Wayang Kulit digunakan sebagai sarana penyebaran islam di Pulau Jawa oleh para wali dengan menyisipkan ajaran dan kaidah islam di dalam ceritanya.

Pada masanya Wayang Kulit populer di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, Pada saat itu banyak masyarakat berbondong-bondong untuk menyaksikan pertunjukan Wayang Kulit. Tak hanya itu saat ini Wayang Kulit juga sudah dikenal mancanegara dengan dibawakan oleh Ki Purbo Asmoro.


Sumber:

Ilmuseni

Wikipedia

Info Lanjut:

PDBI – Wayang Indonesia

PDBI – Wayang Kulit

Previous post

Rumah Gadang, Cerminan Arsitektur Khas Minangkabau

Next post

Mengenal Mbah Karyo: Pengrajin Gerabah Tertua di Desa Kasongan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.