#KodeNusantaraBlog

Karinding, Alat Musik yang Bisa Mengusir Hama

Bicara soal alat musik, ada sebuah alat musik yang sangat unik dari tanah Sunda. Alat Musik ini Namanya Karinding. Karinding adalah alat musik tradisional masyarakat Sunda yang terbuat dari pelepah kawung (batang pohon aren) dan Awi (bambu). Sebuah alat musik yang cukup tua yang konon sebagai alat yang telah digunakan karuhun (orang tua) sejak jaman sebelum ditemukannya Kacapi, yang usia Kecapi itu sendiri sudah mencapai lebih dari lima ratus tahun yang lalu. (Hadiyarti, 2015)

Alat musik Karinding terbuat dari bambu atau pelepah aren yang berukuran sekitar 20 cm kali 1 cm, ukuran ini tidak selalu mutlak tergantung dengan selera pemain dan pembuatnya.  Bahan untuk membuat Karinding tergantung dari letak daerah, contohnya pada bagian Timur Sunda lebih sering menggunakan bambu karena di sana banyak tumbuh pohon bambu. (Kadafi, 2018)

Alat Musik Karinding (sumber: Google)

Karinding memiliki kelebihan yang sangat unik dan tidak terpikirkan. Alat musik ini dapat digunakan untuk mengusir hama. Memang pada awalnya, Karinding dibuat untuk petani sebagai alat pengusir hama, karena bunyi yang dihasilkan Karinding dapat mengganggu indra milik hama. Bunyi yang dihasilkan Karinding mengandung getaran low decibel, getaran ini hanya didengar oleh serangga. Bunyi ini yang dinamakan suara ultrasonic. (Kadafi, 2018)


Sumber:

  1. Hadiyarti, T. (2015, Februari 11). PDBI Alat Musik. Retrieved from PDBI: https://budaya-indonesia.org/karinding-1/
  2. Kadafi, H. (2018, April 3). Takaitu History. Retrieved from Takaitu: http://takaitu.com/mengenal- lebih-dalam-karinding-alat-musik-tradisional-sunda-yang-lebih-tua-dari-gamelan/
Previous post

Mau Nikah Harus Tahu Tenun Dulu

Next post

CINGCOWONG: Tradisi Masyarakat Kuningan Meminta Hujan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.