#KodeNusantara

Makanan Unik dan Menarik Khas Jawa Barat

Bicara tentang makanan khas Jawa Barat pasti sudah banyak yang tahu kan akan cita rasa makanan yang sangat enak dan populer tersebut sehingga makanan khas Jawa Barat ini menjadi favorit banyak orang. Ciri khas masakan Jawa Barat yaitu rasa pedasnya. Berikut ini merupakan makanan unik khas Jawa Barat.

a. Kerupuk Miskin

Uniknya nama dan uniknya dalam pembuatan makanan khas Jawa Barat ini tidak menggunakan minyak goreng melainkan menggunakan pasir yang dipanaskan sehingga disebut kerupuk miskin. Rasa kerupuk ini manis, biasanya warna kerupuk ini putih dan merah muda. Jangan khawatir pasir menempel di kerupuk, karena secara otomatis pasir akan lepas jika kerupuk sudah matang dan mengembang.

b. Colenak

Cukup unik dan menarik nama makanan colenak dari Jawa Barat ini. Kata colenak merupakan singkatan dari kata bahasa Sunda yaitu dicocol enak. Colenak ini terbuat dari tape singkong yang dibakar dan cara menikmatinya biasa disantap dengan cara dicocolkan ke gula jawa cair yang diberi campuran parutan kelapa. Makanan khas Jawa Barat ini memiliki teknik dalam memasaknya karena kandungan gula yang terkandung dalam tape membuatnya mudah gosong.

c. Lotek

Lotek merupakan nama makanan khas Jawa Barat yang unik juga namanya. Lotek hampir mirip dengan pecel, yaitu makanan berupa sayuran segar yang direbus lalu disiram dengan topping sambal yang bercampur bumbu kacang. Keunikan dari makanan ini sebagai bahan sambal, kacang tanahnya sering kali ditambah tempe, terasi, gula merah, dan bawang putih sehingga rasanya unik.

d. Taoge Goreng

Taoge Goreng banyak dijual dipasaran dan sudah banyak orang yang mengetahui makanan khas Jawa Barat ini. Taoge Goreng mempunyai bahan dasar taoge tapi Taoge Goreng di sini dibuat dengan cara direbus ya bukan dengan cara digoreng. Taoge Goreng ini cara memasaknya cukup unik, seperti proses perebusan Taoge Goreng ini dengan menggunakan wajan.

e. Gehu

Gehu ini merupakan makanan khas Jawa Barat selanjutnya. Gehu terbuat dari tahu yang di dalamnya diisi dengan kecambah dan juga sayuran lain seperti kol, wortel dan biasanya juga ada mie bihun. Tidak sedikit juga yang mengisi Gehu dengan isian cabai giling sehingga cita rasa yang di hasilkan adalah gurih pedas. Secara bentuk, Gehu ini dibuat dengan bentuk tahu yang terlihat seperti bentuk segitiga dan mempunyai ukuran yang cukup besar.

Itulah beberapa makanan khas Jawa Barat yang unik dan sangat menarik, gimana tertarik untuk mencobanya.

26 Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak dan Populer

Previous post

Tari Buyung dalam Upacara Seren Taun

Next post

12 Oktober, Memperingati Hari Museum Nasional

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.