Berita

Meugang, Tradisi Masyarakat Aceh Sambut Ramadhan

infobudaya.net – Aceh sebagai salah satu suku bangsa Indonesia yang memiliki sejarah panjang dan mengandung berbagai nilai tradisi di dalamnya. Tradisi-tradisi yang terkandung umumnya merupakan bentuk budaya yang tersarikan dari nilai-nilai agama. (Serambi Indonesia)

Satu tradisi yang unik dan hanya ada dalam adat budaya masyarakat Aceh adalah tradisi Meugang. Tradisi ini merupakan suatu kebiasaan masyarakat Aceh mengkonsumsi daging secara serempak pada dua atau satu hari menjelang datangnya bulan puasa Ramadhan dan menjelang hari raya ditandai dengan penjualan daging secara massal dan serempak hampir setiap pasar dan daerah dimana masyarakat Aceh sering berlalu lalang.

Semua rakyat Aceh menjadikan tradisi ini sebagai kewajiban adat. Maka, tidak melihat baik kalangan orang kaya maupun miskin untuk melakukan tradisi Meugang. Dalam tradisi ini terdapat asumsi bahwa seorang ayah akan merasa gagal menjadi sosok ayah apabila tidak dapat membelikan daging untuk keluarganya pada hari kegiatan Meugang berlangsung.

sumber :

Serambi Indonesia


 

Lebih lanjut tentang :

Previous post

Noken, Tas Tradisional Yang Diakui UNESCO

Next post

Acara Gampong Ramadhan Banda Aceh

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.