Berita

Batik Purba, Indetitas Baru Kota subang

infobudaya.net – Batik Purba yang mengedepankan filosofis dan sejarah Kabupaten Subang  menjadi identitas baru daerah itu sekaligus salah satu keberagaman dan kekayaan motif batik di Jawa Barat. Kepala UPTD Museum Kabupaten Subang, Yusep Wahyudin, menjelaskan mptif batik purba pertama kali digagas oleh pihak meseum Wisma Karya Subang pada saat akan mengikuti Vredeburg Fair 2014 di Yogyakarta.

Kehadiran batik purba direspon baik oleh masyarakat terutama kalangan budayawan dan sejumlah komunitas yang ada di Subang. Mereka mengadakan diskusi tentang bagaimana batik motif purba menjadi batik khas Subang. Diskusi yang mereka sebut “ngadabrul” itu diikuti oleh sejarawan Subang, ahli arkeologi Bandung dan 19 unsur komunitas di Subang, diantaranya kominitas yang bergerak di bidang kebudayaan. Setelah tiga kali “ngadabrul”, hasilnya direkomendasikan ke Bupati Subang untuk dilakukan pengkajian.

Terdapat dua motif pada batik purba, yakni motif Tumpal berbentuk segitiga yang sudah ada sejak masa prasejarah hingga sekarang. Di dalam segitiga terdapat gambar burung dan rusa yang memiliki konsep kesatuan kosmos. Mikrokosmos (kemanusiaan), makrokosmos (semesta) dan metakosmos (alam lain).

 

Sumber:

Antara


Lebih jauh tentang:

Artikel Sebelumnya

Camilan Tradisional Khas Betawi Saat Lebaran

Artikel Selanjutnya

Mari Mengenal Budaya Lewat 'Sandal Budi'

1 Komentar

  1. 10 August 2015 at 1:19 pm — Reply

    Hasil re-tracing motif purba subang…
    https://instagram.com/p/wp5O4WyRFG/
    -hs

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.