BeritaEvent

Lagu Tradisional Dalam Pagelaran Teater Musikal

Para mahasiswa Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan pagelaran teater musikal lagu anak-anak tradisional. Acara ini berlangsung pada hari Jumat (24/4) di Universitas Santa Dharma, Yogyakarta. Sejumlah lagu tradisional digubah dan diaransemen ulang dengan musik orkestra. Teater musikal ini menyuguhan 13 lagu tradisional seperti cublak-cublak suweng, kampuang nan jauh di mato dan kicir-kicir. Campuran lagu tradisional, modern dan orkestra menyatu dengan apik.

Penyelenggara juga turut melibatkan penonton dalam helatan acara ini. Para penonton juga turut membunyikan mainan tradisional, othok-othok, sebagai pengganti tepuk tangan. Mainan tradisional raksasa yang terbuat dari koran pun dipamerkan dalam helatan acara ini.

Ketua Panitia Penyelenggara mengutarakan bahwa mahasiswa Sanata Dharma merasa prihatin karena permainan tradisional kini semakin ditinggalkan, pun dengan lagu-lagu tradisional. Anak-anak kini kurang bersosialisasi dengan kawan-kawannya karena sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Pagelaran musik ini diharapkan dapat mengingatkan dan memunculkan kembali kecintaan pada lagu-lagu dan permainan tradisional. Sehingga, punahnya lagu-lagu dan permainan tradisional bisa dicegah.

Sumber Berita Metro TV News


Lebih Jauh Tentang

Yogyakarta

Lagu Tradisional

Alat Musik

Permainan Tradisional

Cublak-Cublak Suweng

Kicir-Kicir

Kampuang Nan Jauh Di Mato

 

 

Previous post

Gelar Seni Pesanggrahan Kembali Digelar!

Next post

Kebudayaan Indonesia Pukau ASEAN Festival Week 2015 di Qatar

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.