Berita

Kujang Diusulkan Jadi Warisan Budaya Dunia

Pemerintah Provinsi Jawa Barat nampaknya serius untuk menjadikan senjata khas Jawa Barat, Kujang, sebagai warisan budaya dunia tak benda UNESCO. Usulan itu kini dalam pembahasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Selain Kujang, Kemendikbud juga mengusulkan Seni Topeng, Pencak Silat, Angklung dan Sisingaan kepada UNESCO untuk ditetapkan sebagai warisan budaya dunia. Upaya ini dilakukan untuk mendapat pengakuan secara internasional juga sehingga tidak ada negara lain yang mengklaimnya. Keseriusan Pemprov Jabar tidak hanya mengusulkan sebagai warisan budaya namun juga menerbitkan peraturan daerah tentang kebudayaan dan kesenian sebagai upaya menjaga dan mengembangkan kebudayaan dan kesenian.

Sementara itu, Dewan Mahasiswa UIN Bandung membangun Tugu Kujang di lingkungan kampus sebagai langkah untuk mengenalkan dan menjaga warisa budaya Jawa Barat. Pembuatan Tugu Kujang hasil dari sumbangan mahasiswa diharapkan dapat menjadi ruang publik bagi mahasiswa UIN dalam melakukan berbagai kegiatan sekaligus sebagai pengingat setiap generasi tentang pusaka warisan tradisi orang tua Jawa Barat dahulu.

Sumber:

koran-sindo.com


Lebih lanjut tentang:

 

Previous post

Siswa Se-Banda Aceh Tinjau Objek Sejarah

Next post

Marinir AS Ikuti Lomba Agustusan dan Kudapan Daerah

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.