BeritaBlogPiknik

Goa Harimau

Goa Harimau di Bukit Karang Sialang, Kabupaten Ogan Keomering Ulu, Sumatra Selatan merupakan salah satu situs yang bersejarah. Bukan hanya menawarkan keindahan alam. Memasuki kawasan goa ini seakan menapaki peradaban purbakala di masa silam. Goa Harimau terletak sekitar 230 km dari kota Palembang. Agar bisa sampai ke tempat ini, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1,5 km melewati kawasan hutan dan perlu sedikit mendaki karena goa ini berada di kawasan perbukitan.

Goa yang baru ditemukan pada tahun 2009 ini dulunya merupakan kawasan dasar laut yang dangkal. Kemudian setelah peristiwa tektonik terjadi dan menyebabkan dasar laut naik ke permukaan. Dinamakan Goa Harimau karena konon penduduk sekitar sering mendengar auman harimau yang berasal dari dalam goa.

Di dalam Goa Harimau juga terkandung nilai-nilai seni keindahan. Hal ini tampak dari sejumlah karya seni berupa lukisan cadas (rock art) di goa yang didominasi dengan warna merah ini. Lukisan dibuat di dinding goa menggunakan batu hematit, sejenis mineral oksida besi yang tersebar di Goa Harimau.

Ada dugaan, lukisan-lukisan ini merupakan bagian dari ritual penguburan di goa ini. Penemuan lukisan goa ini juga memupuskan anggapan bahwa masyarakat purbakala yang tinggal di daratan Sumatra saat itu tidak memiliki tradisi melukis cadas. Menurut salah satu sumber juga menyebutkan jika goa ini sudah ditinggali oleh manusia purba sejak 3.500 tahun yang lalu.

 

Sumber: tunggulpedia

Previous post

Degung alat musik tradisional bandung

Next post

7 Variasi Bubur yang Bisa Kamu Cicip di Sulawesi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.