#KodeNusantara#NusaKulinerBlog

Kue Satu: Kue Khas Betawi yang Harus Kamu Tahu

Tidak bisa dipungkiri bahwa budaya Betawi begitu kaya dan tak pernah ada habisnya. Salah satunya adalah makanan. Melalui makanan, kita bisa mengenal budaya yang satu hingga budaya yang lainnya. Melalui makanan, kita bisa mengenal identitas suatu kelompok masyarakat. Namun, seiring berjalannya zaman ada beberapa kue yang mulai tersisihkan. Salah satunya adalaha Kue Satu, kue khas Betawi.

Kue Satu adalah kue kering yang terbuat dari tepung kacang hijau, tepung beras, dan gula. Meski resep kue ini tergolong sederhana, popularitas kue ini tidak seperti kue khas lainnya yang masih tergolong mudah ditemui.

Dalam pembuatannya, kue ini harus dijemur secara sempurna. Untuk pecinta makanan manis, kamu pasti akan suka. Jangan khawatir, untuk pecinta makanan gurih, Kue Satu ini aman banget rasanya. Kok bisa begitu? Karena Kue Satu ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih.

Meski bentuknya yang padat dan bulat, tekstur yang dihasilkan kue ini adalah berbutir-butir seperti pasir, mudah hancur, dan kering (tentunya karena proses penjemuran). Sebenarnya, Kue Satu ini dapat kita jumpai dalam acara-acara perayaan, seperti hari Lebaran, hari Natal, dan hari Imlek. Kue Satu ini memiliki daya tahan yang lama, bahkan sampai satu tahun, lho. Ada yang pernah mencoba Kue Satu?

Info Lanjut      :

https://budaya-indonesia.org/Semakin-Jarang-Ditemui-Kue-Satu-Khas-Betawi-DaftarSB19/

Sumber            :

https://media.neliti.com/media/publications/160788-ID-komposisi-beberapa-makanan-jajanan-di-ja.pdf

Previous post

Dawet Ayu-ku dari Banjarnegara Keliling Indonesia

Next post

Keunikan Baju Cele, Pakaian Adat Maluku

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.