#KodeNusantaraBlog

Bakiak Batok Permainan Tradisonal Khas Bogor

Permainan tradisional di Indonesia sangat banyak dan sangat beragam. Mulai dari yang menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Salah satu permainan yang terkenal menggunakan alat adalah bakiak batok. Permainan ini cukup populer di daerah Bogor dan wilayah suku sunda lainnya.

Permainan tradisional ini menggunakan alat peraga berupa batok kering yang sudah dibelah dua. Pembuatan alat peraga bakiak batok tidak sulit, mulanya batok kelapa yang sudah tua dibelah menjadi dua bagian. Di setiap bagian diberi lubang tepat di bagian tengahnya untuk kemudian dikaitkan pada seutas tali dan dihubungkan pada batok yang lain. Tali yang digunakan adalah tali yang mempunyai sifat lentur sehingga memudahkan saat digunakan.

Bakiak Batok (Sumber foto: Bukalapak)

Permainan tradisional bakiak batok biasanya dimainkan dengan menggunakan rintangan. Setiap peserta diadu laju dengan melewati jalan yang sudah diberi rintangan, yaitu tali yang melintang. Peserta yang menyentuh tali rintangan saat berjalan akan dianggap gagal. Peserta yang paling cepat sampai di garis finish dinyatakan sebagai pemenang.

Selain seru, permainan ini juga dapat melatih fisik dan ketangkasan anak. Tapi saat ini permainan Bakiak Batok ini sudah mulai jarang dimainkan. Di Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang Bogor adalah salah satu komunitas yang peduli terhadap tradisi Sunda Bogor selalu mengadakan lomba bakiak batok.

Ingin mencoba bermain bakiak batok bisa mampir ke Kampung Budaya Sindang Barang Bogor.

Cari tahu lebih banyak budaya Indonesia di Budaya-indonesia.org!

Sumber: PDBI – Bakiak Batok

Previous post

Batik: Mewarnai Rasa Dan Sejarah

Next post

Berkenalan dengan masyarakat pedalaman Banyuwangi (Suku Osing)

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.