Berita

Stop Eksploitasi Kesenian Ondel-Ondel

infobudaya.net – Pemkot administrasi Jakarta Pusat segera merazia pengamen ondel-ondel karena dinilai telah mengeksploitasi ondel-ondel dalam meraup keuntungan dan merusak citra budaya Betawi seperti yang dilansir oleh KORAN JAKARTA.

Deddy Soetardi, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Pusat mengutarakan bahwa hal tersebut merupakan eksploitasi budaya baginya, maka  ia akan segera melakukan razia terhadap pengamen ondel-ondel. Keberadaan mereka yang kerap masuk perkampungan dan pusat keramaian dianggap telah mengganggu ketertiban umum. Tidak jarang mereka juga memaksa warga untuk memberikan uang.

Menurut Deddy, dalam razia pengamen ondel-ondel, pihaknya akan melibatkan Satpol PP dan Suku Dinas Sosial, serta mengimbau pengusaha untuk mengamankan ondel-ondel di lokasi wisata seperti Ancol, Ragunan, Setu Babakan, dan TMII.

“Keberadaan ondel-ondel saat ini tidak lagi dimanfaatkan dalam kegiatan budaya, tetapi banyak disalahgunakan untuk mengamen. Terlebih ondel-ondel adalah kesenian khas Betawi yang harus dilestarikan,” papar Wagub DKI Jakarta, Djarot saiful Hidayat. Ia juga meminta kepada Satpol PP untuk menertibkan keberadaan pengamen ondel-ondel.

Sumber :

KORAN JAKARTA


Lebih jauh tentang :

Previous post

Mengusir Kuntilanak Dengan Meriam

Next post

Wisata Budaya Ruwatan Rewandha di Goa Kreo

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.