Blog

Asyik Bermain Dakocan dari Sumatera Selatan

Sudah jadi rahasia umum, perkembangan teknologi sudah semakin canggih di zaman sekarang. Begitu pula permainan modern yang sudah semakin menggerus permainan tradisional khususnya yang ada di Indonesia. Namun, sebenarnya apakah permainan tradisional di Indonesia sudah punah? Di Sumatera Selatan ada alat permainan yang disebut Dakocan.

Apa itu Dakocan? Dakocan adalah sebuah alat permainan yang berbahan plastik dan memiliki berbagai bentuk yang menarik. Cara memainkannya ialah dengan menaruh Dakocan di telapak tangan, lalu melemparkannya ke atas. Kemudian ditangkap dengan punggung tangan. Dakocan yang ada di punggung tangan tersebut dilemparkan lagi ke atas kemudian ditangkap dengan genggaman tangan. Sekilas memang terlihat mudah, namun sebenarnya Dakocan ini juga cukup sulit. Kesulitannya adalah memainkan Dakocan dengan menaruh di tangan dengan jumlah yang semakin banyak. Tapi disitulah sisi menariknya permainan tradisional ini, Sederhana tapi cukup menantang.

Seperti terlihat di blog Yatim Kreatif Dompet Dhuafa yang memperkenalkan berbagai macam permainan tradisional dan salah satunya adalah Dakocan kepada anak-anak yang bermain di Jalan Yudo kampus POM IX Palembang. Rasa antusias terlihat dari wajah anak-anak tersebut. Selain menyenangkan, bermain Dakocan juga melatih kefokusan kita dalam suatu objek yang coba ditangkap.

Sumber:

Yatim Kreatif


Previous post

Merawat Budaya Leluhur Dalam Pusaran Modernitas

Next post

Ritual Memetri Tirta Amerta Susuk Wangan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.