Berita

UNESCO Kukuhkan Dua Naskah Kuno Indonesia

UNESCO sudah menetapkan 54 inskripsi dari puluhan negara sebagai Memory of the World (MOW) pada 18-21 Juni 2013 di Korea Selatan. Dua di antaranya yakni manuskrip kuno dari Indonesia yang didaftarkan oleh Perpustakaan NAsional RI. Kitab Negarakertagama dan Babad Dipanegara adalah dua manuskrip yang diberi Piagam MoW kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan.

DUa naskah yang sudah ditetapkan sebagai MoW tentunya menjadi kebanggaan sehingga dapat menumbuhkan kesadaran dan kecintaan masyarakat kita pada warisan budaya leluhur. Piagam ini juga meminta Perpustakaan Nasional untuk mengalihmediakan dua naskah kuno ke dalam bentuk digital agar bisa dibaca oleh seluruh masyarakat dunia.

Negarakertagama, kitab yang ditulis oleh Mpu Prapanca pada lembaran lontar, berisi kesaksian pemerintah Majapahit pada masa Raja Hayam Wuruk abad ke-14. Di dalam Negarakertagama berisi ide modern tentang keadilan sosial, kebebasan beragama, keamanan pribadi dan kesejahteraan rakyat dijunjung tinggi. Sementara Babad Dipanegara berisi biografi yang ditulis sendiri oleh Pangeran Diponegoro (1785-1855).

Sumber Berita

beritasatu.com


Lebih lanjut tentang:

 

Previous post

TMII Mulai Membangun Museum Batik

Next post

Traditional Dance Competition Lestarikan Budaya Nusantara

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.