Berita

Bio Farma Bangun Leuit Khas Baduy

Leuit, merupakan bangunan tradisional masyarakat Baduy untuk menyimpan padi. Leuit dapat menyimpan padi hingga 100 tahun lamanya. Padi yang disimpan selama bertahun-tahun ini hanya digunakan untuk keperluan besar seperti hajatan dan memberi pertolongan bila ada tetangga yang membutuhkan.

Leuit yang dibangun secara sederhana sejatinya memiliki filosofi dan fungsi tersendiri. Leuit memiliki kemampuan tahan cuaca, tahan hama penyakit, dan memiliki sistem tata udara yang baik sehingga bisa menyimpan padi dalam jangka waktu yang lama. Penyimpanan padi di leuit mengajarkan kita tentang menjaga keberlangsungan hidup dalam jangka waktu yang lama.

Bio Farma, sebuah perusahaan produsen vaksin, membangun leuit di Jalan Terusan Pasteur Kota Bandung. Pembangunan ini dalam rangka penerapan kearifan lokal dan bentuk perhatian Bio Farma terhadap keberagaman budaya Indonesia. Dengan dibangunnnya leuit ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap keberagaman budaya lokal serta memahami filosofi yang terkandung di balik bangunan leuit sendiri.

Sumber Berita

Republika


Lebih Jauh Tentang

Banten

Jawa Barat

Bandung

Baduy

Produk Arsitektur

Leuit

 

Previous post

UKM Riau ITB Gelar Festival Kampung Melayu

Next post

Lomba Kreativitas untuk Lestarikan Budaya

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.