Berita

Bank Indonesia Angkat Pamor Tenun Ikat Bali

Keberadaan Tenun Bali yang mulai redup membuat Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali berinisiatif untuk mengadakan Eksebisi dan Lomba Desain Tenun Bali. Acara ini diharapkan dapat menggali potensi dan melestarikan budaya adat istiadat daerah Bali, khususnya Tenun Bali.

Penyelenggaraan lomba ini bertujuan untuk menghadirkan kembali tenun klasik dan tradisional Bali namun dengan corak yang lebih sesuai dengan perkembangan selera masyarakat modern. Walaupun terdapat penyesuaian, namun corak yang dihasilkan tidak meninggalkan aturan dan tatanan tenun tradisional Bali. Sehingga perkembangan Tenun Bali sesuai dengan kearifan budaya Bali.

Menurut Dewi Setyowati, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, melalui eksebisi dan lomba ini diharapkan eksistensi dan inovasi desain tenun yang dihasilkan dapat mengangkat pamor kain tenun ikat khas Bali di mata dunia. Sehingga ketenaran kain tenun ini dapat meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan perajin lokal, tentunya selain melestarikan budaya tradisional yang tumbuh dan berkembang di Indonesia.

Sumber:

Kompas


Lebih lanjut tentang:

 

Previous post

Bupati Purwakarta: Sunda Itu Saudara Tua Kebudayaan Bali

Next post

5 Festival di Indonesia yang Paling Ditunggu

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.