BeritaEvent

Seni Budaya Tradisional Mampu Mempersatukan Sumatera

Keberagaman kebudayaan yang ada di negeri kita juga bermanfaat untuk merajut tali persaudaraan di tengah keberagaman masyarakat, karena seni budaya memiliki sifat universal dan menyeluruh. Dalam kaitannya dengan estetika, berbagai kelompok masyarakat yang berbeda kesenian dan kebudayaannya bisa memahami dan menghayati seni budaya dari luar kelompok mereka. Seni budaya seantiasa menyuguhkan kesamaan kebutuhan manusia.

Atas latar belakang tadi, kekayaan seni budaya negeri kita dapat menjadi media untuk menggapai cita-cita persatuan. Pertemuan seniman dan budayawan serta pergelaran seni budaya perlu dilakukan secara berkesinambungan di berbagai daerah di negeri ini.

Hal tersebut menetaskan sebuah pagelaran seni di Sumatera. Pameran dan Pergelaran Seni (PPS) XIX se-Sumatera dan Sumatera Biennale Simpul 3 di Taman Budaya Jambi, Sungaikambang, Kota Jambi, Sabtu (19/11) malam. Pergelaran seni yang dihadiri ratusan seniman dan budayawan se-Sumatera tersebut berlangsung hingga Selasa (22/11).

Pada pagelaran tersebut, turut hadir pada pembukaan pameran dan pergelaran seni se-Sumatera tersebut, Gubernur Jambi, Zumi Zola, Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid, dan Koordinator Taman Budaya se-Sumatera yang juga Kepala Taman Budaya Sumatera Barat, Muasri.

Pada lansiran dari beritasatu.com Muasri mengemukakan, di tengah munculnya benih-benih keretakan rasa persaudaraan di tengah masyarakat Indonesia belakangan ini, para seniman dan budayaan perlu meningkatkan pertemuan dan pameran seni budaya. Melalui pertemuan dan pameran seni budaya tersebut, masyarakat akan melihat betapa eratnya sebenarnya jalinan rasa persaudaraan di antara masyarakat Indonesia yang beraneka ragam latar belakang seni budaya.

“Para seniman punya peranan dalam mempersatukan negeri karena mereka memiliki rasa persaudaraan dan jiwa kedamaian yang tinggi. Seniman memang sering tidak punya apa-apa bila dilihat dari segi materi, tetapi mereka punya kekuatan untuk menyatukan negeri ini melalui seni. Karena itu, para seniman perlu meningkatkan pertemuan maupun pergelaran seni nusantara di berbagai daerah untuk merajut tali persaudaraan bangsa kita,” ujar Muasri.

Ia mengharapkan agar para pengambil kebijakan di daerah maupun pusat mempunyai kepedulian yang lebih tinggi lagi terhadap seni dan kebudayaan. Kepedulian itu dapat diwujudkan melalui pemberian dukungan materil dan moril kepada para seniman dan budayawan Indonesia dari berbagai pelosok negeri mengadakan kegiatan-kegiatan seni budaya.

Senada dengan ucapan Muasri, Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid mengatakan, untuk meningkatkan jalinan rasa persaudaraan di kalangan anak bangsa yang beraneka ragam latar belakang seni, budaya dan daerah asal, sangat dibutuhkan pendidikan karakter. Anak bangsa yang berkarakter akan tetap memiliki jiwa yang kokoh mempertahankan persaudaraan kendati diperhadapkan pada persoalan mencuatnya benih-benih keretakan mengenai rasa persatuan bangsa.

“Untuk memperkuat karakter tersebut tentunya sangat dibutuhkan pendidikan karakter berbasis seni dan budaya. Seni budaya mampu membentuk karakter yang baik anak bangsa karena jiwa seni dan budaya mengajarkan pentingnya harmoni, keseimbangan dan kedamaian hati, ujar Hilmar Farid.

Tidak ketinggalan, Gubernur Jambi, Zumi Zola pada kesempatan tersebut mengatakan, seluruh kelompok masyarakat di Tanah Air perlu melestarikan seni dan budaya, baik melalui pameran, pertunjukan, maupun pertemuan para seniman dan budayawan. Melalui berbagai even seni budaya tersebut, para pelaku dan pencinta seni, maupun berbagai kelompok masyarakat dapat menjadikan seni dan budaya untuk mengekspresikan diri.

“Lagu, tarian, lukisan, semuanya ditampilkan dalam pameran dan pertemuan seni se-Sumatera di Jambi ini. Saya berharap, para insan seni dan budaya bisa mengekspresikan seni dan budaya sebaik-baiknya pada event seni budaya ini. Saya juga berharap, event seni budaya se-Sumatera mendapat sambutan positif masyarakat Jambi. Kegiata seni budaya ini juga bisa memberikan edukasi, baik dalam bidang peningkatan rasa persaudaraan maupun bidang pengembangan seni budaya,” kata Zumi Zola.

Zumi Zola mengatakan, salah satu yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain di dunia adalah seni dan budaya yang sangat beragam, sangat kaya, termasuk di Sumatera. Sumatera merupakan satu rumpun yang memiliki kekhasan tersendiri dan ada ciri khas dari masing-masing provinsi. Untuk itu, semua elemen atau kelompok masyarakat perlu bersatu-padu melestarikan seni-budaya nusantara di daerah masing-masing.

“Masyarakat Sumatera tidak boleh melupakan seni-budaya daerahnya. Jangan nanti akibat kealpaan kita, generasi muda, anak dan cucu kita hanya mendengar cerita tentang seni dan budaya. Jangan pula nanti sampai anak dan cucu kita hanya mengetahui seni dan budaya dengan melihat di museum saja karena kita mengabaikan pelestarian seni-budaya,” tutupnya.

Sumber: beritasatu.com

Artikel Sebelumnya

Kemeriahan Pagelaran Seni Budaya Betawi di Pusat Perkampungan Budaya Betawi

Artikel Selanjutnya

Sobat Budaya Segera Launching Peta Kuliner Nusantara

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.