BeritaEvent

Kemeriahan Pagelaran Seni Budaya Betawi di Pusat Perkampungan Budaya Betawi

Pagelaran Seni Budaya Betawi yang digelar di Amphiteater Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (20/11) berlangsung sangat meriah. Pagelaran yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta beserta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menghibur ratusan warga, baik yang tinggal di sekitar Setu Babakan maupun yang jauh dari kawasan Setu Babakan.

Pada pagelaran tersebut, seni budaya Betawi yang ditampilkan di antaranya gambang kromong, lenong, marawis, palang pintu, ondel-ondel, rebana biang, dan samrah.

Seperti yang dilansir dari beritajakarta.com, Kepala Disparbud DKI Jakarta, Catur Laswanto mengatakan, dana yang digunakan merupakan dana dekonsentrasi pengembangan kebudayaan dari Kementerian Pariwisata dalam menggelar kegiatan festival seni budaya Betawi ini.

“Kegiatan ini didanai menggunakan dana dekonsentrasi program pengembangan kebudayaan dari Kementerian Pariwasata dengan maksud melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi sehingga dapat berkembang lebih baik lagi,” kata Catur, Minggu (20/11).

Catur berharap, pagelaran seni budaya Betawi dapat berkelanjutan sehingga menjadi bagian agenda pariwisata guna mewujudkan Jakarta sebagai destinasi wisata. “Disparbud DKI Jakarta memiliki tugas pokok melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi bukan hanya tingkat lokal maupun nasional bahkan internasional,” ucap Catur.

Catur juga menjelaskan, alasan pagelaran digelar di kawasan Setu Babakan karena Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan kawasan Setu Babakan menjadi pusat perkampungan budaya Betawi. “Artinya, semua hal yang berkaitan dengan budaya betawi difokuskan dan dipusatkan di Setu Babakan,” tutupnya.

Sumber: beritajakarta.com

Artikel Sebelumnya

Buah dan Permen yang Melahap Permainan Generasi 90-an

Artikel Selanjutnya

Seni Budaya Tradisional Mampu Mempersatukan Sumatera

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.