#archipelaQode#KodeNusantara#SandiNusantaraBlog

[Ulasan] archipelaQode: Episode 1

archipelaQode adalah sebuah webtoon yang diadaptasi dari buku “Kode-kode Nusantara” ciptaan Hokky Situngkir. Webtoon ini sudah dirilis pada tanggal 11 Februari 2022 yang lalu. Berlatarbelakang genre drama dan fiksi ilmiah, webtoon ini menceritakan bagaimana muda-mudi yang kesepian bertemu dengan sosok “Q” yang akan membawa mereka menemukan pusaka Nusantara yang tersembunyi.

Pemuda/i ini dihubungi oleh “Q” dengan sebuah pertanyaan yang harus dijawab sebelum akhirnya mereka dipertemukan di sebuah rumah yang jauh dari keramaian kota. Daru Bhagaskara, namanya. Dia adalah salah satu dari orang yang berhasil menjawab pertanyaan dan melanjutkan misi berikutnya. Namun, untuk itu dia harus pergi ke sebuah alamat yang tertulis dan hanya diperbolehkan membawa satu ponsel pintar yang diberikan oleh “Q.”

Tanpa pikir panjang pun, Ia langsung bergegas pergi ke alamat tersebut dan menemukan sebuah rumah yang di luar ekspetasinya. Ia bimbang, apakah Ia harus masuk ke rumah tesebut atau kembali pulang ke rumah. Namun, Ia mengikuti nalurinya untuk melangkah masuk ke rumah yang asing baginya. Kara, panggilan akrabnya, harus menghubungkan ponsel yang Ia bawa untuk membuka pintu rumah. Sebuah teknologi canggih bernama NFC (Near Field Communication), alat yang tentu saja tidak cocok untuk arsitektur rumah sesederhana ini diletakkan di gagang pintunya.

Spoiler Alert!

Hal itu menandakan, bahwa tidak ada yang bisa masuk jika mereka tidak memiliki ponsel pintar tersebut. Pintu pun terbuka dan betapa terkejutnya Kara akan apa yang dilihatnya. “Ruangan itu sangat bersih dan tertata rapi!” yang ada di benaknya. Kara mulai melanjutkan langkah kakinya ke bagian dalam rumah, dan sesekali melihat ke sekelilingnya. Ada beberapa kamar yang disediakan oleh “Q” dan Kara pun bergegas mencari kamar atas namanya. Semua akses di rumah menggunakan teknologi NFC dan Kara harus menghubungkan lagi ponselnya ke gagang pintu kamarnya untuk dapat membukanya.

Spoiler Alert!

Kamar tersebut dilengkapi dengan tempat tidur yang nyaman, lemari pakaian beserta isinya, meja dan kursi, dan lain sebagainya. Setelah melihat isi kamarnya, Kara menuruni anak tangga dan menemukan bahwa seluruh kebutuhan pokoknya benar-benar terpenuhi selama Ia berada di sana. Seluruh makanan dan minuman dapat Ia cicipi sepuasnya tanpa khawatir kelaparan.

Ia lalu memasuki ruangan di mana tempat berkumpulnya orang-orang lainnya yang juga diundang oleh “Q.” Di sana hanya terletak sebuah meja lingkar dan beberapa kursi yang mengelilinginya. Kara menemukan beberapa orang yang berasal dari suku, karakter, dan kepribadian yang berbeda darinya. Mereka juga telah lama menunggu sosok “Q” yang akan mereka temui seperti Kara. Rupanya masing-masing dari orang tersebut tenggelam dalam pikirannya masing-masing untuk menebak-nebak seperti apa sosok “Q” atau misi apa yang harus mereka lakukan berikutnya.

Akankah Kara dan lainnya berhasil menemukan jawaban yang menuntun mereka untuk mengikuti tantangan dari “Q” ini? Nantikan episode berikutnya hanya di LINE Webtoon Indonesia!

Spoiler Alert!

Webtoon “archipelaQode” diikut-sertakan ke dalam Webtoon Contest 2022 yang diselenggarakan oleh LINE Webtoon. Mohon dukungan dari teman-teman semua untuk tap +Favorit, Like, dan berikan rate 10 untuk webtoon ini. Teman-teman juga dapat menyampaikan komentarnya mengenai webtoon ini sebanyak-banyaknya. Share juga ke teman-temanmu yang lain ya!

Artikel Sebelumnya

MENGUPAS GELIAT THAK-THAKAN

Artikel Selanjutnya

[Press Release] PESTARAMA#7: Doa untuk Wisran Hadi

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.