#KodeNusantara

Pikon, Alat Musik Mungil nan Merdu.

Selain pesona alamnya yang indah, ternyata Bumi Cendrawasih juga memiliki kekayaan budaya yang luar biasa salah satunya yaitu alat musik. Kira-kira kalian tahu gak, apa alat musik khas Papua selain Tifa dan Fuu? Yap benar! Selain Tifa dan Fuu Papua memiliki satu alat musik yang sangat mungil, Pikon namanya.

Pikon berasal dari kata pikonane yang dalam bahasa Baliem berarti alat musik bunyi. Alat ini terbuat dari sejenis bambu yang beruas-ruas dan berongga bernama Hite. Cara memainkan Pikon adalah dengan cara ditiup sambil menarik talinya sehingga pikon akan mengeluarkan nada-nada dasar, berupa do, mi dan sol.

Meskipun ukurannya hanya sebesar genggaman tangan orang dewasa pikon dapat mengeluarkan alunan nada yang sangat merdu. Pikon biasanya dimainkan oleh para kaum pria ketika sedang beristirahat setelah lelah bekerja seharian atau ketika bersantai di honai.

Ukuran yang kecil ini ternyata membuat Pikon menjadi alat musik yang cukup spesifik. Tidak sembarang orang dapat memainkan alat ini karena cara memainkannya yang cukup rumit. Namun, kerumitannya inilah yang membuat Pikon menjadi otentik dan istimewa. 

Gimana teman-teman, apakah kalian tertarik untuk memainkan alat musik mungil ini?

Sumber: https://budaya-indonesia.org/Pikon-Pikonane

Artikel Sebelumnya

Rasanya Tak Seburuk Namanya.

Artikel Selanjutnya

Mahal Tapi Selalu Ludes!

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.