#NusaKulinerBlogInfografis

Makanan “Setan,” Berani Coba?

Pernahkan kalian berpikir untuk mencoba makanan ‘Setan’? Pasti di antara kalian berpikir apakah kita akan makan makanannya Setan? Jika itu yang dipikirkan, kalian salah. Kata ‘Setan’ di sini bukan berarti kita mencicipi makanannya Setan. Kata ‘Setan’ digunakan sebagai cara mendeskripsikan tingkat kepedasan, ukuran, dan waktu untuk menjual makanan tersebut. Berikut adalah makanan ‘Setan’ yang menjadi primadona Indonesia.

1. Seblak Mi Setan

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa seblak merupakan makanan khas Jawa Barat. Seblak Mi Setan merupakan variasi baru yang kini menjadi favorit masyarakat Jawa Barat. Seblak Mi Setan memiliki tingkat kepedasan dari 1-10 yang membuat lidah seperti terbakar. Jika ingin membuat Seblak Mi Setan sendiri, kamu bisa menyiapkan mi, sosis, telur, sayuran, tomat, kencur, bawang merah, bawang putih, kencur, cabai merah, dan cabai setan, serta bon cabe sebagai tambahan.

2. Ceker Setan Gongso

Ceker Gongso merupakan makanan khas Semarang yang digandrungi banyak orang mulai dari kaum muda hingga tua. Ceker Gongso memiliki tekstur yang tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu berkuah, Ceker Gongso sangat pas dinikmati dengan nasi putih. Dinikmati dengan sayur lalapan dan sambal juga nikmat. Disebut sebagai ceker ‘setan’ karena untuk membuatnya dipelukan 8 cabai rawit merah atau lebih.

3. Bakso Setan

Bakso Setan merupakan makanan khas dari Bogor, Jawa Barat. Disebut sebagai Bakso Setan karena memiliki ukuran yang jumbo dengan berat sekitar 500 gram. Jika dipotong, dapat dilihat bahwa Bakso Setan memiliki potongan daging cincang yang melimpah.

4. Sayur Setan Tempe Mlanding

Sayur Setan merupakan makanan asli dari Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Dinamai “Setan” karena untuk memasaknya digunakan kira-kira 30 buah cabai setan. Sayur ini juga dicampur dengan tempe mlanding atau yang juga dikenal dengan Petai Cina khas Wonogiri. Rasa pedas yang nyelekit inilah yang menjadi favorit masyarakat Kabupaten Wonogiri. Tertarik untuk mencobanya?

5. Rawon Setan Surabaya

Jika kamu mendengar “Rawon Setan” pasti kamu membayangkan bahwa makanan ini bercita rasa sangat pedas atau makanan yang berasal dari negeri mereka. Makanan ini disebut sebagai Rawon Setan karena jam buka warungnya, yaitu sekitar pukul 23.00 WIB dini hari. Makanan dengan kuah hitam kental ini sanggup membuat semua orang mabuk kepayang dengan bumbu khasnya yang biasa dicampur keluwak. Keluwak membuat kuahnya hitam pekat dan tentunya bumbu rahasia tergantung warung Rawon Setan Surabaya yang kamu jajaki.

6. Pecak Ayam Setan Betawi

Pecak sendiri merupakan sambal olahan khas Betawi dengan rupanya yang berkuah dan lauknya direndam ke dalam kuah tersebut. Bumbunya pun sederhana, hanya perlu mengulek bawang merah, putih, cabai merah, rawit, asem, jeruk limo, dan kacang tanah, kemudian dicampur dengan daging ayam yang sebelumnya telah digoreng atau dibakar.

Nah, itu dia makanan “Setan” yang menjadi primadona Indonesia. Apakah kamu merasa tertantang untuk mencobanya?


Sumber:

PDBI – Bakso Setan

PDBI – Seblak Mi Setan

PDBI – Ceker Setan Gongso

PDBI – Pecak Ayam Setan Betawi

PDBI – Rawon Setan Surabaya

PDBI – Sayur Setan Tempe Mlanding

Artikel Sebelumnya

5 TRADISI EKSTRIM YANG ADA DI INDONESIA

Artikel Selanjutnya

“Klepon Tidak Islami,” Tetapi Halal Dikonsumsi!

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.