#KodeNusantara#NusaKulinerBlog

Roti Ketawa: Camilan Sumatera Utara yang Cocok untuk Menemani Kegalauanmu

Roti Ketawa merupakan camilan asli Indonesia khas Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. Banyak juga yang menyebutnya sebagai Onde-Onde Ketawa karena bentuknya yang mirip Onde-Onde yaitu bulat, lengkap dengan taburan wijennya. Perbedaannya ialah tekstur pada Roti Ketawa lebih keras dan tidak selembut Onde-Onde. Pada Onde-Onde juga biasanya terdapat isian berupa kacang hijau atau keju, namun Roti Ketawa tidak memiliki isian. Perbedaan lainnya yang mencolok ialah terdapat permukaan yang merekah (terpecah/terbelah) yang membuatnya terlihat seperti mulut yang sedang tertawa/tersenyum (seperti pada permainan Pacman), yang akhirnya membuat camilan ini dinamakan demikian. Memang ketika memakannya tidak akan membuat kalian tertawa terbahak-bahak, namun siapa tahu dengan melihat bentuknya yang lucu dapat membuat kalian ikut tersenyum saat sedang bersedih.

Camilan ini akan terasa lebih nikmat ketika disajikan dalam keadaan panas dan dihidangkan bersama teh atau kopi. Bagaimana galauers, cocok kan untuk menemanimu, apalagi menikmatinya saat hujan turun ya? Hehe. Camilan ini juga cocok untuk pelengkap acara kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman-temanmu, lho. Tidak perlu khawatir tentang harga dari camilan ini, karena harganya sangat merakyat dan camilan ini juga awet (cukup disimpan dalam wadah plastik/toples untuk mengonsumsinya kembali). Dan kalau ingin membuatnya sendiri pun sangat mudah, berikut resep membuat Roti Ketawa yang bisa kalian coba di rumah:

Bahan-Bahan:

  • 350 gr tepung terigu protein sedang
  • 175 gr gula halus
  • 75 gr wijen
  • 25 gr mentega
  • 2 sdm air
  • 1 sdt baking powder
  • 1 butir telur ayam
  • Air secukupnya untuk pencelup
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Campur terigu dan baking powder, ayak dan sisihkan.
  2. Kocok mentega dan gula halus hingga putih. 
  3. Campurkan adonan mentega dan gula halus tadi ke adonan tepung terigu, lalu tambahkan telur ayam, 2 sdm air, dan garam. Aduk hingga rata.
  4. Ambil sebagian adonan dan bentuk menjadi bulat. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Celup tiap bulatan adonan ke dalam air, kemudian gulingkan dalam wijen hingga rata.
  6. Goreng bulatan adonan dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan.

Referensi:

Belanga

IDN Times

Good News From Indonesia

PDBI – Roti Ketawa

Artikel Sebelumnya

TARIAN YANG TERINSPIRASI BURUNG MERAK

Artikel Selanjutnya

BAILEO, SIMBOL SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT MALUKU

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.