#KodeNusantara#NusaKulinerBlog

Favorit di Negeri Sendiri, Dibenci Orang Luar

Apakah kalian suka jengkol, durian, dan jeroan? Pasti di antara kalian ada yang meyukai dan ada juga yang tidak. Makanan-makanan tersebut telah menjadi primadona di Indonesia dan menjadi favorit masyarakat kalangan bawah sampai kalangan atas. Meskipun Indonesia memiliki banyak kuliner yang telah diakui kenikmatannya oleh dunia tapi makanan di atas juga perlu diperhitungkan kenikmatannya. Memang rasanya agak sedikit aneh sehingga tidak semua orang menyukainya, termasuk orang-orang luar negeri. Tidak seperti nasi goreng, rendang, sate, dan kuliner Indonesia lainnya yang membuat mereka ketagihan untuk mencicipinya lagi. Awalnya mereka penasaran untuk mencobanya tapi setelah mencicipinya mereka merasa kaget akan bau dan rasanya yang sangat tajam.

Tidak hanya jengkol, durian, dan ceker saja yang tidak disukai orang luar beberapa makanan Indonesia ini juga tidak mereka sukai. Berikut ini ulasannya:

1. Jengkol dan Pete

Jengkol  dan pete termasuk makanan yang banyak penggemarnya di Indonesia. Karena rasanya yang menurut mereka lezat dan nikmat. Jengkol bisa diolah menjadi berbagai macam masakan seperti jengkol rendang, semur, balado, dan lain-lain. Begitu juga dengan pete, bisa dicampur menjadi sambal terasi dan sambal goreng. Atau biasanya orang Indonesia menjadikannya sebagai lalapan dengan cara direbus, dibakar, dan digoreng.

Namun, berbeda dengan orang luar negeri. Menurut mereka jengkol dan pete memiliki aroma yang tajam dan sangat bau, sehingga mereka kurang menyukainya. Ada juga yang mengatakan rasanya aneh dan tidak akan mau lagi untuk mencobanya.

2. Durian

Kalau buah yang satu ini jangankan orang luar negeri kebanyakan masyarakat Indonesiapun banyak yang enggan untuk memakannya. Bahkan buah ini memiliki julukan buahnya para raja dan sebagai kenikmatan dunia. Namun, orang asing menganggap buah ini sebagai buah yang paling bau di dunia. Durian memiliki bau yang sangat menusuk sehingga membuat mereka tidak ingin mencicipinya atau bahkan mencium baunya. Daging buah ini memiliki tekstur yang sangat lembek jadi semakin membuat orang tidak bernafsu memakannya. Sampai-sampai ada sebagian orang yang tidak ingin menciumnya karena akan membuat pusing sehingga dia menjadi anti untuk memakannya.

3. Jeroan

Jeroan adalah makanan yang tidak asing lagi bagi orang Indonesia, meskipun agak sedikit jijik ketika mendengarnya, karena jeroan adalah bagian dalam organ hewan seperti ayam, sapi, ataupun babi. Jeroan terdiri dari usus, otak, babat, paru, ati ampela. Orang Eropa dan Amerika jarang mengkonsumsi jeroan, mereka akan membuang bagian tersebut karena mereka anggap jeroan adalah sampah. Oleh karena itu, mereka akan merasa aneh jika menemukan jeroan dalam suatu masakan. Dan pastinya mereka tidak akan memakannya.

4. Ceker

Di negara-negara Asia, ceker memang sudah tidak asing lagi dan makanan ini juga menjadi favorit. Ceker adalah bagian kaki dari ayam. Di Indonesia ceker sangat disukai mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Namun, tidak semua orang menyukai ceker terutama orang-orang barat karena mereka menganggap kaki adalah bagian yang tak lumrah untuk disantap.

Orang-orang luar negeri memang dikenal tidak begitu menyukai makanan yang berbau terlalu menyengat dan terlalu dominan dirasa. Tapi tetap saja kuliner-kuliner ini menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Lalu bagaimana dengan kalian sendiri apakah kalian menyukainya atau malah membenci juga?


Sumber:

merdeka.com

IDNTimes

Data Terkait:

PDBI – Jengkol Balado

PDBI – Durian

PDBI – Pete

PDBI – Jeroan

PDBI – Ceker Mercon

Sumber: https://budaya-indonesia.org/Sasando
Artikel Sebelumnya

Petikan Merdu, Sasando dari Pulau Rote

Artikel Selanjutnya

"Ilmu Hitam" di Beberapa Suku Indonesia

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *