#KodeNusantaraBeritaEvent

Taman Mini Menari, Salah Satu Upaya Menjaga Eksistensi Tarian Indonesia

INFOBUDAYA.NET – Ratusan penari dengan balutan kostum tradisional daerah memenuhi area Plaza Tugu Api Pancasila TMII pada Minggu (20/10/19) sore.

Para penari tersebut mengikuti kegiatan Taman Mini Menari. Taman Mini Menari sendiri merupakan salah satu program yang rutin diadakan pada minggu ke-3 di setiap bulannya oleh pengelola Taman Mini Indonesia Indah. Diklat anjungan daerah beserta sanggar-sanggar seni undangan berkolaborasi untuk memeriahkan acara tersebut. Acara yang diawali dengan terlebih dahulu melakukan kirab dan dibuka dengan Tari Ondel-ondel tersebut mengundang atensi dari beberapa pengunjung yang sedang berada di sekitaran Plaza Tugu Api Pancasila TMII.

Beragam tarian pun secara apik ditampilkan bergantian pada acara Taman Mini Menari itu. Beberapa di antaranya ialah Tari Semut oleh Sanggar Asavitri, Tari Ronggeng Menor oleh Sanggar Cipta Budaya Nusantara, Tari Putri Mandau oleh Sanggar Denok Depok, Tari Serendong Ajer oleh sanggar binaan Anjungan Provinsi DKI Jakarta, Tari Pattennung oleh Diklat Anjungan Provinsi Sulawesi Selatan, Tari Candik Ayu oleh Sanggar Kardinal, dan masih banyak yang lainnya. Acara tersebut diakhiri dengan menari bersama dengan Boneka Seni TMII, di mana pengunjung juga diajak untuk turut menari bersama.

Bu Mulyati, pemilik Sanggar Cipta Budaya Nusantara mengapresiasi kegiatan kebudayaan semacam Taman Mini Menari ini. Hal ini dinilainya senada pula dengan tujuan dirinya mendirikan sanggar seni, “Harapan saya itu biar seni dan budaya tetep lestari dan maju sampai kakek nenek nanti” tuturnya.


Data Terkait:

PDBI – Tarian

PDBI – Tari Ronggeng

PDBI – Tari Pattennung

Previous post

Prosesi Munikni Ulu Rintah, Aceh Tengah

Next post

Mengenal Topeng Banjet dari Kabupaten Karawang

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.