#KodeNusantaraBeritaEvent

Ajang Pelestarian Seni Jawa Barat di TMII

INFOBUDAYA – Di artikel sebelumnya kita sudah membahas Sejarah, Fungsi, dan apa itu kesenian asli Topeng Banjet. Pada tanggal 20 Oktober 2019 lalu, Tim Infobudaya berkesempatan untuk datang dan menikmati pertunjukan Topeng Banjet Pimpinan Bapak Pendul di Objek Wisata Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur. Pertunjukan ini berlangsung di Anjungan Jawa Barat.

Di awal pertunjukan kita disuguhkan dengan iringan lagu karawitan yang dinyanyikan oleh Ronggeng dan beberapa alat musik. Kira-kira berdurasi 20 menit dengan diselingi candaan siapa yang diberi selendang oleh pemain harus ke atas panggung dan menari sambil diiringi ketukan gendang.

Begitu seterusnya hingga acara puncak lakonnya. Durasi yang cukup lama dari pembukaan hingga ke acara utama akan terbayarkan oleh lakon pelawak-pelawak yang tampil karena mampu membuat penonton atau pengunjung tertawa dengan tingkah laku para tokoh tersebut.

Sampai di penghujung acara, pimpinan sanggar kesenian tersebut, yaitu Bapak Pendul mengatakan saat wawancara Berharap kesenian Topeng Banjet jangan sampai punah dan tinggal nama aja, sebagai anak muda harus berani untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, ya salah satunya Topeng Banjet ini. Jangan malu”, kata Pak Pendul dan anaknya.

Oh ya! Infobudaya punya tips nih untuk kalian yang suka melihat pertunjukan-pertunjukan teater kesenian daerah, mau tau kan? Yuk disimak!

  1. Yang pertama, ada baiknya kamu membawa teman yang bisa atau fasih berbagai bahasa daerah! Berdasarkan pengalaman tim kami, karena tidak semua punya kemampuan berbahasa daerah, khususnya Bahasa Sunda, kami dibuat bingung oleh pegucapan para tokoh dan harus sering bertanya dengan penonton lainnya, lho. Hmm..
  2. Kedua, pahami tema yang akan ditampilkan oleh para pemain. Ya pasti enggak asik dong kalau kita cuma lihat-lihat saja tanpa tahu tema lakon yang mau dimainkan?
  3. Ketiga, bawa cemilan dan minuman sendiri. Karena di sana, jarak anjungan ke tempat makan atau warung, sangat jauh.

Nah, itu dia tips dan trik untuk kalian yang ingin berkunjung atau menonton pertunjukan seni di Taman Mini Indonesia Indah. Sampai bertemu lain waktu!


Data Terkait:

PDBI – Topeng Banjet

Previous post

Mengenal Topeng Banjet dari Kabupaten Karawang

Next post

Karena Reyog Juga Perlu Regenerasi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.