#KodeNusantara#NusaKulinerBlog

Nikmatnya Kopi Ijo Khas Tulungagung

Tahukah kalian jika kopi tidak hanya berwarna hitam dan putih saja? Di daerah Tulungagung ada sebuah warung yang menjual kopi berwarna hijau atau biasa disebut “Kopi Ijo”. Kopi Ijo ini ternyata lebih terkenal daripada kopi hitam yang biasa kita ketahui. Hampir 3000-an lebih warung yang menjajakan Kopi Ijo di Tulungagung. Maka dari itu masyarakat pun beranggapan bahwa penyajian Kopi Ijo ini perlu dijaga dan dilestarikan.

Kopi Ijo sendiri memiliki rasa dan tekstur yang halus, berbeda dari kopi kebanyakan. Kenapa kopi ini bisa berwarna hijau? Ternyata rahasianya terdapat pada proses pengeringan biji kopi dan alat-alat yang digunakan masih menggunakan alat tradisional. Biji kopi yang sudah dipilih, dikeringkan dengan cara disangrai. Kopi Ijo disangrai dengan menggunakan wajan yang terbuat dari tanah liat, dan yang membuat berbeda dibakar dengan kayu bakar yang terpilih. Proses pengeringan pun harus dilakukan secara telaten. Nyala api harus tetap stabil agar biji kopi matang secara merata dan sempurna. Kemudian kopi digiling menggunakan mesin.

Selain dari proses pengeringan yang menyebabkan kopi ini berwarna hijau karena campuran sari rempah-rempah yang masih hijau membuat warna kopi terkesan hijau. Tapi tidak menghilangkan warna asli dari kopi itu sendiri. Menurut beberapa orang yang sudah pernah mencicipi kopi ini rasa Kopi Ijo hampir mirip dengan Kopi Luwak karena rasanya yang unik. Kopi Ijo ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Untuk para kaum wanita yang ingin berdiet kopi ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena Kopi Ijo dapat menurunkan berat badan. Cara menurunkan berat badan dengan meminum Kopi Ijo memang dikenal cukup efektif karena cara ini sangat alami.

Bagi orang yang sensitif terhadap kafein kopi ini juga sangat dianjurkan, karena kopi ini memang diperuntukkan bagi orang yang sensitif dengan kafein. Selain itu Asam Klorogenat yang terkandung di dalamnya merupakan jenis anti oksidan yang alami dan dapat melawan radikal bebas. Sehingga kita bisa terbebas dari penuaan dini.

Jika mampir ke Tulungagung jangan lupa untuk mencoba Kopi Ijo di salah satu warung kopi atau kafe di sana. Tidak perlu khawatir dengan harganya karena kopi ini sangat murah meriah, harga segelas Kopi Ijo di warung berkisar Rp 1.500 dan secangkirnya Rp 1.000. Salah satu warung kopi yang terkenal menyediakan Kopi Ijo, yaitu Warung Kopi Mak Waris di Bolorejo, Kecamatan Kauman, kira-kira 15 menit jika menggunakan kendaraan motor dari pusat kota Tulungagung. Kalian bisa rasakan sendiri kenikmatan dan manfaat dari Kopi Ijo.


Sumber:

bacakuliner

rasakopi

Info Lanjut:

PDBI – Tulungagung

Previous post

Cara Mensyukuri Hasil Panen Ala Suku Indonesia

Next post

Ubi Cilembu yang Melegenda

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.