#KodeNusantaraBlog

Memberikan Nama pada Bayi dengan Medak Api

Kelahiran seorang anak adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh orang tua. Setelah anak lahir, maka orang tua akan memberikan nama padanya. Dalam menamai anak, banyak cara yang dilakukan di Indonesia ini baik dari buku ataupun mencari nama yang memiliki makna baik. Begitu pula dengan orang Suku Sasak di Nusa Tenggara Barat. Untuk memberikan nama pada bayi mereka, ada ritual ang dinamakan Medak Api.

Orang Sasak di Lombok percaya bahwa nama yang tidak cocok akan mengundang nasib buruk. Maka dari itu, pemberian nama tidak dapat dilakukan sembarangan. Bayi akan diberikan nama setelah tujuh atau sembilan hari dilahirkan. Tradisi ini tidak sembarang dilakukan kecuali oleh para ahli, seperti dukun beranak atau kiai yang mampu dan bisa melakukan ritual ini.

Dalam melakukan tradisi juga dibutuhkan barang-barang seperti buah kelapa tua, kunyit, kulit kelapa, benang warna hitam dan putih, dan sebagainya. Setelah di lakukannya pedak api ritual yang selanjutnya dilakukan adalah Molang Malik pada saat bayi berumur 7 hari diadakan upacara Molang Malik (membuang sial) diperkirakan pusar bayi sudah gugur. Pada saat itulah seorang bayi diberikan nama dan diperbolehkan keluar rumah.


Sumber:

  • Azizman, N. R. (2018, November 14). PDBI Ritual. Retrieved from PDBI: https://budaya-indonesia.org/Medak-Api/
  • Indriani, D. (2016, April 4). Blogspot Catatan Mingguanku oleh Dewi Indriani. Retrieved from Blogspot Dewi Indriani: http://dewiindriani12.blogspot.com/2016/04/budaya-sasak-medak-api-sebagai-wujud.html
  • Layarstone, K. (2014, Juni 10). Kampung Media Budaya. Retrieved from Kampung Media: http://budaya.kampung-media.com/2014/06/10/medak-api-tradisi-sasak-yang-masih-lestari-     3832
Previous post

Permainan Gobak Sodor dan Pengaruhnya terhadap Karakter Anak

Next post

Makna Mulia dari Tradisi Pingitan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.