#KodeNusantara#NusaKulinerBlog

Brotowali, Si Pahit yang Kaya Manfaat

Brotowali atau akar aliali merupakan tanaman merambat yang tumbuh dengan baik di tanah Indonesia, Brotowali biasanya dapat tubuh di lahan terbuka. Brotowali adalah tanaman asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Sumatera.

Biasanya orang Indonesia menggunakan Brotowali untuk direbus akarnya lalu diminum sebagai jamu tradisional. Brotowali dikenal dengan rasa pahitnya, walaupun memiliki rasa pahit, Brotowali memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja manfaatnya?

Pada bagian akar Brotowali dapat dimanfaatkan untuk merangsang kinerja urat syaraf pada bagian saluran pernafasan, karna mengandung zat yang disebut dengan prikroretin. Manfaat Brotowali tidak hanya pada bagian akar tetapi terdapat juga pada bagian batangnya. Pemanfaatan batang Brotowali ini digunakan dengan cara direbus lalu sari rebusan diminum.

Masyarakat Indonesia percaya bahwa Brotowali dapat menyembuhkan banyak penyakit, seperti membantu menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengontrol diabetes, menyembuhkan penyakit rematik, meredakan nyeri pinggang, dan mengobati demam.

Brotowali juga dapat menyembuhkan penyakit luar, seperti penyakit gatal pada kulit caranya dengan mengoleskan rebusan batang Brotowali ke bagian kulit yang gatal. Bagian batang Brotowali mengandung alkoloid yang berfungsi untuk melumpuhkan bakteri.

Walau Brotowali memiliki banyak manfaat yang digunakan sebagai obat tradisional, terlalu banyak mengomsumsi Brotowali dapat menimbulkan keracunan hati dan ginjal. Maka disarankan jika ingin mengomsumsi olahan Brotowali sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada yang ahli.


Sumber:

hellosehat

brotowali

Info Lanjut:

PDBI – Tanaman Brotowali

PDBI – Jamu Pahitan

Previous post

Mengenal Mbah Karyo: Pengrajin Gerabah Tertua di Desa Kasongan

Next post

Sate Kere: Berawal untuk Kalangan Bawah, menjadi Semua Kalangan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.