Berita

Songket Jantung Palembang Seharga 75 Juta

infobudaya.net – Jika kita pergi ke Sumatera Selatan, khususnya ke Palembang. kita akan melihat dan menemukan budaya dari kota Palembang berbentuk kain cantik yang ditenun dengan menggunakan benang emas atau benang perak yang disebut Songket. Pada zaman dahulu, Songket pada awalnya merupakan kain mewah para bangsawan yang menjadi simbol kemuliaan derajat dan martabat pemakainya. Tetapi kini songket bisa dipakai siapa saja karena warnanya yang cantik.

Seperti yang dilansir oleh Metro TV News, Salah satu, songket asli Palembang bisa ditemukan di Jalan Ki Gede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir Kecamatan IB II Palembang, yakni di toko Fikri Koleksi. Salah satu toko songket terkenal di Palembang ini merupakan binaan Jasa Raharja. Toko yang sudah berdiri sejak 1998, ini menyediakan berbagai macam motif songket. Selain itu, ada juga ragam pakaian pria dan wanita berbahan songket hasil tenun asli maupun print, batik jenis songket, sarung tajung, jumputan, hingga souvenir khas Palembang lain.

Ada harga songket yang paling mahal disini yaitu Songket Jantung. Songket Jantung Harganya Rp75 juta per dua meter beserta selendangnya. Salah seorang pramuniaga Fikri Koleksi yang berbincang dengan Metrotvnews.com, Rida, mengatakan bahwa mahalnya harga songket dilihat dari bahannya. Semua kain songket terbuat dari bahan sutera, tetapi tidak semua kain itu berusia lama. Benangnya dari emas. Songket berusia lama dan antik, membuat harga songket meroket. Harga tinggi itu juga dipengaruhi lamanya proses pembuatan yang rata-rata selesai dalam waktu tiga bulan.

Sumber:
Metro Tv News


Lebih jauh tentang:

Artikel Sebelumnya

Gondangku Sayang, Budayaku Malang

Artikel Selanjutnya

"Kekudeng" Ngelamar Calon Bini Betawi

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.