Berita

Dominasi Asing pada Kerajinan Wayang Golek

infobudaya.net – Salah satu warisan seni budaya nenek moyang adalah wayang golek, kesenian tradisional Indonesia khas Tanah Pasundan ini sudah dikenal sejak zaman dahulu. Di kalangan generasi muda, keberadaan wayang golek sedikit demi sedikit mulai terlupakan, seiring berjalanya waktu.

Minimnya minat wisatawan lokal akan kesenian leluhur ini, tentunya secara tak langsung memberikan dampak kepada para perajin wayang golek. Seperti yang terjadi di pusat pembuatan dan perajin wayang golek di Bogor Jawa Barat ini. Turis mancanegara dari Amerika maupun Eropa lebih banyak mendominasi pusat kerajinan wayang golek yang berusia lebih dari empat dekade ini.

Pemilik pusat kerajinan wayang golek, Enday mengatakan, “sengaja memilih menggunakan kayu lame agar wayang golek yang dibuat tidak mudah pecah dan tahan lama”. “para turis mancanegara banyak yang tertarik dengan kesenian wayang golek ini, dan biasanya mereka memilih karakter Rama Shinta untuk dibeli sebagai cinderamata saat kembali ke negara asalnya”, lanjut Enday.

Bisnis wayang golek keluarga Enday ini sudah terdaftar di Bogor Tourist Information Center. Pada tahun 1972, Presiden Soeharto pernah berkunjung ke bengkel kerjanya dan memesan sebanyak satu peti atau 120 karakter wayang di tempat kerajinan ini. Kini, dirinya hanya menggantungkan rezeki kepada turis asing yang datang berkunjung ke workshopnya. Agar produk kerajinannya sesuai dengan selera pasar luar negeri, Enday tak pernah bosan mendengarkan masukan dari para turis.

 

Sumber

TEMPO.CO


Lebih jauh tentang

Artikel Sebelumnya

Warga Ciamis Rindukan Tradisi Nonton Wayang Golek

Artikel Selanjutnya

Gondangku Sayang, Budayaku Malang

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.