BeritaEvent

Karnaval Budaya Meriahkan Hari Buruh di Purwakarta

Puncak peringatan hari buruh di Kabupaten Karawang menampilkan kegiatan helaran budaya. Acara yang berlangsung Sabtu (9/5/2015) ini menyedot perhatian ribuah orang. Beberapa buruh di Kabupaten Karawang pun ikut menampilkan beberapa seni budaya di seluruh Indonesia. Selain itu karnaval ini juga dimeriahkan ratusan seniman di lima kabupaten di Jawa Barat. Diantaranya seniman Kuda Renggong Sumedang, Sisingaan dari Subang, Surak Ibra dari Garut, Bebegig dari Kabupaten Ciamis, dan Genye dari Purwakarta.

Seniman dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah pun turut menampilkan seni budayanya, yaitu Kentongan. Karnaval ini juga dipergunakan untuk menyampaikan aspirasi dengan membawa atribut tuntutan terkait nasib buruh. Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, ikut menyambut baik gelar budaya yang diinisiasi oleh buruh dengan menaiki kendaraan aksi buruh di barisan paing depan didampingi Bupati Banyumas dan Ketua FSPMI.

Setelah karnaval budaya selesai, acara malam dilanjukan dengan pagelaran wayang golek yang menampilkan tiga dalang sekaligus dari tatar sunda. Dadan Sunandar, Yogaswara Sunandar, dan Awan Dede Amung Sutarya mampu menghipnotis ratusan warga dalam cerita wayang golek yang digelar di alun-alun Bale Gede Maya Datar Purwakarta.

Sumber Berita

pikiran-rakyat.com


Lebih lanjut tentang:

 

Artikel Sebelumnya

Budaya "Satu Keluarga Satu Keris" Akan Diterapkan

Artikel Selanjutnya

Kemeriahan Festival Dalang Cilik Nasional

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.