BeritaEvent

Makna Mendalam Batik Khas Banyuwangi

Tour de Banyuwangi Ijen merupakan event wisata besar yang berlangsung di Banyuwangi. Uniknya, event yang diadakan pada 6-9 mei 2015 ini tidak hanya menjadi ajang bagi atlet sepeda untuk berlomba menaklukan kelokan-kelokan curam di Gunung Ijen, Jawa Timur, melainkan juga sebagai ajang untuk mempromosikan budaya dan produk kerajinan masyarakat.

Ajang ini dapat dilihat sebagai upaya untuk memajukan UMKM di Banyuwangi lebih maju. Hal ini terlihat dari seputar panggung tempat penyerahan hadiah olahraga. Selain diisi dengan berbagai pentas tari-tarian khas Banyuwangi seperti tari Gandrung, ada juga pameran berbagai produk kerajinan khas budaya Banyuwangi, salah satunya adalah Batik.

Batik Banyuwangi memiliki keunikan tersendiri dibandingkan batik lain yang tersebar di Kepulauan Indonesia. Warna dasar batik khas banyuwangi adalah merah, kuning, dan hitam. Keunikan lainnya adalah motif batik Banyuwangi selalu memiliki motif Gajah Oling. Motif Gajah Oling sendiri memiliki makna filosofis di dalamnya. Gajah yang berarti hewan yang paling besar dan Oling yang bermakna mengingat atau eling, jika disatukan berarti untuk selalu mengingat yang Maha Besar.

Sumber Berita

cnnindonesia.com


Lebih lanjut tentang:

 

Artikel Sebelumnya

Permainan Gasing Dikhawatirkan Akan Punah

Artikel Selanjutnya

Ada Festival Budaya Di Kota Sabang, Ini Persiapannya!

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.