BeritaEvent

Kalteng Gelar Festival Budaya Isen Mulang

Pada 18 Mei-24 Mei 2015 di Kota Palangkaraya akan diramaikan oleh Festival Budaya Isen Mulang. Festival yang digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ini akan menampilkan ragam budaya dan etnis di Kalimantan Tengah. Dalam acara tersebut akan ada atraksi utama berupa karnaval yang menampilkan ribuan peserta dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng, dan belasan cabang olahraga tradisional seperti bola api, jukung tradisional, melamang, besei kambe, karungut, manyipet dan menetek kayu.

Isen Mulang memiliki arti “pantang mundur” dalam bahasa setempat. Dengan berlangsungnya acara ini diharapkan selain memperingati hari ulang tahun Palangkaraya namun juga mempopulerkan keanekaragaman budaya se-Kalimantan Tengah, serta merangsang para pecinta seni, dan mendorong pemuda untuk cinta budaya sendiri.

Pengunjung juga dapat menikmati Tarian Dayak, busana-busana unik sub-etnis yang terbuat dari aksen kulit kayu, juga penutup kepala berhiaskan ukiran dan bulu-bulu burung endemik. Selain kekayaan budaya, Palangkaraya juga memiliki keindahan alam seperti Bukit Tangkiling. Terdapat juga petilasan pahlawan nasional Tjilik Riwut wisata susur Sungai Kahayan dengan perahu kecil.

Sumber Berita

bisnis.com


Lebih lanjut tentang:

 

Artikel Sebelumnya

Remaja Belanda Promosikan Batik Khas Indonesia

Artikel Selanjutnya

FPUB Gelar Laku Budaya Lampah Ratri

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.