Berita

Pesona Keraton Kasepuhan Cirebon Satukan Tiga Agama dan Budaya

Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, mengagendakan sejumlah festival sepanjang tahun 2015 untuk menarik wisatawan mancanegara.

”Dalam waktu dekat akan ada Festival Kartinian pada 18 April. September nanti ada Festival Gotrasawala, Oktober nanti juga ada Festival Budaya ASEAN, dan November ada Festival Budaya Pesisiran,” ujar Sultan Keraton Kasepuhan XIV Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat.

Sejumlah situs yang dikelola Keraton juga mulai dibenahi. Ada tiga keraton di Cirebon yang masing-masing bertanggung jawab atas sejumlah situs di kota itu. Sepanjang tahun 2014, situs dan bangunan keraton di Cirebon direvitalisasi dengan anggaran dari pemerintah pusat.

Salah satu situs yang kini mulai banyak dijadikan tempat kegiatan pentas seni ialah Taman Goa Sunyaragi yang dikelola Keraton Kasepuhan. Pada malam Tahun Baru lalu, 1.000 kembang api dinyalakan di kawasan wisata itu. Seniman juga tampil merayakan pergantian tahun. Pemerintah Kota Cirebon juga memanfaatkan situs itu untuk peluncuran sejumlah program, antara lain untuk kampanye anti rokok.

Kereta baru

Terkait upaya peningkatan kunjungan wisatawan ke Cirebon, PT Kereta Api Daerah Operasional (Daop) III Cirebon, pekan lalu, meluncurkan kereta baru Cirebon Ekspres. Kereta itu adalah rangkaian lama yang didesain baru dengan nuansa khas Cirebon. Interior kelas eksekutif dan bisnis dilengkapi dengan lukisan kaca khas Cirebon dengan motif batik cirebonan.

Berita terkait

Lebih lanjut Keraton Kasepuhan Cirebon , Batik Trusmi

 

 

Previous post

Indonesia raih penghargaan dalam Festival Budaya di Inggris

Next post

Tanamkan Nilai-nilai Lokal bagi Warga Desa Gudang Kahuripan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.