#KodeNusantaraBlog

5 Budaya Sunda yang Perlu Kamu Ketahui!

Nama Sunda berasal dari “su” yang artinya baik, dan “nda” adalah kalimat penyambung atau khiasan. Masyarakat Sunda yang terkenal dengan ramah tamahnya mempunyai berbagai sejarah yang menghasilkan berbagai kesenian tradisional. Orang-orangnya pun diyakini memiliki karakter yang baik dan ramah. Sesuai semboyannya Someah Hade ka Semah artinya sangat ramah pada tamu. Budaya orang Sunda memang terkenal sangat ramah, murah senyum, lemah-lebut, periang, mereka pun sangat menghormati orang yang lebih tua.

Berikut ini merupakan sebagian kesenian dari Sunda:

a. Wayang Golek

Ciri-ciri kesenian wayang adalah selalu membutuhkan bantuan Dalang, yaitu sebutan untuk orang yang mengendalikan para wayang. 1 dalang bisa memainkan 4-10 karakter wayang. Namun sayang, dengan karakter suara yang berbeda-beda dari tiap karakter wayang, membuat kesenian ini menjadi sepi. Suara yang berubah-rubah membuat profesi dalang sedikit peminatnya. Tidak putus asa di sini, ternyata ada perkumpulan untuk orang-orang yang ingin belajar menjadi dalang namanya Yayasan Citra Dangiang Seni.

b. Tari Jaipongan

Jaipongan adalah jenis tarian tradisional Sunda, tepatnya dari Karawang. Lahir dari tangan kreatif H. Suanda pada tahun 1976. Tarian Jaipongan adalah campuran dari seni lain seperti pencak silat, topeng banjet, ketuk tilu, wayang golek dan lain-lain. Tarian ini sangat pesat berkembangnya, musiknya diiringi dengan degung, ketuk, rebab, gendang, kecrek, sinden, dan goong. Tari tradisional iringan musiknya pun juga tradisional, pakaiannya pun menggunakan pakaian tradisional Sunda yang terdiri dari sampur, apok dan sinjang.

c. Sisingaan

Menurut perkembangannya kesenian Sisingaan sangat cepat merambat ke setiap daerah. Ciri khasnya membawa boneka-boneka Singa diiringi 4 penggotong pada 1 singa. Sisingaan pun terbuat dari beberapa jenis. Kayu penggotong terbuat dari bambu, singa tersebut juga terbuat dari kayu, bulu-bulu ekornya terbuat dari benang rafia, dan badannya dibungkus oleh kain hingga benar-benar mirip Singa. Tradisi ini biasanya diadakan untuk menerima tamu khusus, khitanan atau sunatan, hari besar dan acara khusus kesenian.

d. Kuda Renggong

Kesenian lain yang berasal dari Sunda yaitu Kuda renggong, tarian ini berasal dari Sumedang, Renggong di sini artinya keterampilan, kuda yang digunakan telah dilatih untuk menari dan mengikuti irama musik. Kuda yang dipilih pun tidak berbadan loyo, rata-rata berbadan tegap dan kuat. Musik yang mengiringinya adalah kendang, tapi dengan berkembangnya zaman musik yang digunakan pun bisa apa saja. Kalau dilihat selintas, acara ini bisa bikin ketawa karena kuda bisa jingkrak-jingkrak, geleng-geleng kepala mengikuti alunan musik.

e. Degung

Degung menjadi alat tradisional Bandung yang sudah terkenal di penjuru Indonesia. Degung pertama kali dibuat oleh H. J Oosting sejak 1879. Diambil dari bahasa belanda “De Gong” artinya gamelan. Alat musik ini kian marak hingga sekarang dan mengundang para penikmat seni. Kalau didengar bunyinya sih, bisa mengiringi musik dangdut, Jaipongan, mengiringi Sinden, dan lain-lain.


Sumber:

Situs Ragam Seni

Info Lanjut:

PDBI – Budaya Sunda

Previous post

Seren Taun di Desa Cigugur

Next post

Tari Tanggai, Gerak Tari dari Bumi Sriwijaya

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.